PENERAPAN VIDEO TUTORIAL BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK REMEDIAL KELAS VIII SMPN 18 MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA)

Teguh Putra Gusal(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.22953

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat hasil belajar peserta didik remedial setelah menggunakan video tutorial berbasis e-learning, (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik remedial setelah menggunakan video tutorial berbasis e-learning, dan (3) Persentase ketuntasan belajar peserta didik remedial setelah menggunakan video tutorial berbasis e-learning. Sampel penelitian adalah peserta didik remedial yang telah mengikuti daring sebanyak 71 peserta didik. Pengambilan sampel disebut purposive sampling. Instrumen dalam penelitian tes hasil belajar terdiri dari pretest dan posttest yang berupa pilihan ganda sebanyak 20 butir. Data ketuntasan belajar peserta didik diperoleh dari hasil test ulangan harian dan tes akhir atau posttest. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pencapaian ketuntasan belajar peserta didik remedial kelas VIII.9, VIII.10 dan VIII.11 SMPN 18 Makassar setelah melalui bimbingan remedial menggunakan video tutorial berbasis e-learning adalah sebesar 35,21%.

Full Text:

PDF

References


Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan E-learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning Dan Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Di Kabupaten Bantul. Jurnal Taman Vokasi, 5(2), 171-172.

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi Flipped Classroom Dengan Video Tutorial Pada Pembelajaran Fotografi Komersial. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan, 2(1), 23.

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah E-learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8(2), 101.

Hasanah, N., Suyanto, E., & Suana, W. (2016). E-learning Dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 72.

Kurniawan , A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Magfirah, A., Mamin, R., & Mun'im, A. (2018). Pengaruh Media Gambar Pada Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTS Muhammadiyah Cabang Mamajang (Studi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan). Jurnal IPA Terpadu (JIT), 2(1), 8.

Mulyasa, Iskandar, D., & Aryani, W. D. (2016). Revolusi Dan Inovasi Pembelajaran (Sesuai Standar Proses). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, E. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmanyah Kabupaten Musi Banyuasin Berbasis Website. Jurnal Informanika, 1(2), 20.

Saenab, S., Ramlawati, & Suryani, I. (2018). Pengaruh Media Video Dengan Pendekatan Kontektual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTS Negeri Gantarang Kab. Bantaeng (Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu (JIT), 1(2), 64.

Saharuddin, & Wahab, M. (2019). Analisis Kesulitan Dalam Pemebelajaran IPA Di Smp Negeri Limboro. Jurnal IPA Terpadu (JIT), 2(2), 79-80.

Sherlyanita, K. A., & Rakhmawati, A. N. (2016). Pengaruh Dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet Serta Media Sosial Pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal Of Information Systems Engineering And Business Intelligence, 2(1), 18.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Sahir, S. H. (2019). E-learning: Implementasi,Strategi Dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahmaidi, E., & Hidayat, H. (2016). Studi Perancangan E-learning Dengan Open Source Moodle Di SMA Sungai Penuh, Jambi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 5(2), 93.

Syaidah, N., Suana, W., & Sesunan, F. (2018). Development Of Tutorial Video For Higher Order Thinking Practice On The Topic Of Newton’s Law. Kasuari: Physics Education Journal (Kpej), 1(2), 92.

Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Foristek, 2(1), 147-148.


Article Metrics

Abstract view : 294 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.