LITERASI SAINS AWAL CALON GURU PADA BIDANG IPA BERKONTEKS ISU-ISU SOSIOSAINTIFIK

Kompyang Selamet(1*), Putri Sarini(2), I Nyoman Suardana(3),

(1) Universitas Pendidikan Ganesha
(2) Universitas Pendidikan Ganesha
(3) Universitas Pendidikan Ganesha
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.22702

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains awal calon guru mata pelajaran IPA khususnya pada bidang IPA yang berkonteks isu-isu sosiosaintifik. Penelitian deskriptif ini melibatkan mahasiswa aktif Prodi S1 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha yang merupakan para calon guru. Selanjutnya dilakukan sampling dengan teknik purposive sampling hingga diperoleh 83 orang mahasiswa calon guru. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi sains awal calon guru IPA. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes pilihan ganda diperluas sebanyak 15 butir yang disusun mengacu pada test of scientific literacy skills. Data literasi sains awal calon guru IPA dianalisis secara deskriptif. Hasilnya adalah pada bidang IPA dengan konteks isu-isu sosiosaintifik, literasi sains awal calon guru terevaluasi dengan kualifikasi cukup. Secara individual sebanyak 6% calon guru menunjukkan kemampuan literasi sains pada kualifikasi sangat baik dan 23% baik. Sisanya calon guru menunjukkan kemampuan literasi sains dengan kualifikasi cukup (40%), kurang (26%) dan sangat kurang (6%).


Full Text:

PDF

References


Christenson, N. (2015). Socioscientific argumentation. (Dissertation). Karlstad University Studies. Tersedia pada https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:806023/FULLTEXT01.pdf

Gormally, C. Brickman, P. & Lutz, M. 2012. Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE-Life Sciences Education Vol. 11.

Herlanti, Rustaman, Rohman & Fitriani. (2012). Kualitas argumentasi pada diskusi isu sosiosaintifik mikrobiologi melalui weblog. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1(2). 168-177.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Konsep literasi sains dalam Kurikulum 2013. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Jakarta.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media 15(1), 128-137. http://dx.doi.org/10.31445/jskm.2011.150106.

Novitasari, N. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi 9(1), 36-44. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2877.

Rahayu, S. (2015). Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Kimia/IPA Berkonteks Isu-isu Sosiosaintifik (Socioscientific Issues). Keynote paper disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Kimia dan Sains Kimia di FPMIPA Universitas Negeri Cendana.

Odja, A. H. & Payu, C. S. (2014). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Redhana, I W. (2015). Menyiapkan lulusan FMIPA yang menguasai keterampilan abad XXI. Prosiding Seminar Nasional FMIPA V Universitas Pendidikan Ganesha.

Salamah, P. N., Rusilowati, A. & Sarwi. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Materi Tata Surya Untuk Mengukur Literasi Sains Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal 6(3), 7-16. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19308

Shofiyah, N. (2015). Deskripsi Literasi Sains Awal Mahasiswa Pendidikan IPA pada Konsep IPA. Jurnal Pedagogia 4(2), 113-120 http://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.13

Turiman, P., Omar, J., Daud, M. A., Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century skills through scientific literacy and science process skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences 59.

Zeidler, D., Nichols, B. H. (2009). Socioscientific Issues: Theory and Practice. Journal of Elementary Science Education 21(2). https://doi.org/10.1007/BF03173684


Article Metrics

Abstract view : 378 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.