DESKRIPSI KETERAMPILAN INTERPRETASI GRAFIK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN TERAKREDITASI A SE-KECAMATAN TAMALATE PADA MATERI GERAK LURUS

Musdalifah Musdalifah(1*), Sitti Rahma Yunus(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.22234

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi keterampilan menginterpretasi grafik peserta didik kelas VIII  di SMPN terakreditasi A se-Kecamatan Tamalate pada materi gerak lurus. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMPN terakreditasi A se-Kecamatan Tamalate sebanyak 1868 peserta didik. Sampel dipilih dengan teknik Random Sampling menggunakan Rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 329 peserta didik. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes secara online melalui google form. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Nilai rata-rata keterampilan menginterpretasi grafik peserta didik pada materi gerak lurus yaitu 57,4 % berada pada kategori kurang dengan persentase masing-masing aspek yaitu aspek memahami arti gradien pada grafik 64,3%, aspek menentukan nilai data dari range variabel 66,4%, aspek menentukan data variabel bebas dan terikat pada grafik 49,4%, dan aspek menentukan hubungan antar variabel pada grafik 51,4%.

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2014). Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif dan Kemampuan Interpretasi Grafik Peserta didik SMP. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

BSNP. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah (online). (http://bsnpindonesia.org/standar-isi/, diakses 17 November 2020).

Hasbullah, dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Interpretasi Grafik Melalui Pendekatan Multi-Representasi Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Universitas Serambi Mekah. Vol. 1.

Ma’rifa, dkk. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Peserta didik SMA Negeri di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol 4(3).

Mukhtarin,Wanti. (2017). Analisis Kemampuan Menginterpretasi Grafik Pada Materi KinematikaGerak Pada Peserta didik SMA di Kabupaten Jember. (Skripsi). Jember. Universitas Jember.

Mustain, I. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus pada Peserta didik Kelas 8 SMPN. Scientiae Educatia. Vol 5(2): 1-11.

Parmalo, Y.H. (2016). Deskripsi Kemampuan Menafsirkan Grafik Kinematika Peserta didik di Kelas X SMA Negeri 3 Sungai Kakap. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Pujianto A., Nurjannah, & Darmadi. (2013). Analisis Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol 1(1).

Purwanto, M. N. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyono, Anton.( 2016). Analisis Kesulitan Peserta didik Memecahkan Masalah Fisika Berbentuk Grafik dengan Tes Diagnostik. (Skripsi) Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Subali, Bambang, dkk. (2015) .Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika pada Mahapeserta didik Calon Guru Fisika. http://portal.fi.itb.ac.id. Diakses 1 November 2015).


Article Metrics

Abstract view : 279 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.