PENERAPAN LKPD BERBASIS KPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Fitri Bestari(1), Ramlawati Ramlawati(2*), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.20208

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan LKPD berbasis KPS pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMPN 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan proses sains dan hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan LKPD berbasis KPS adalah 0,106 dan 0,215 berada pada kategori rendah serta terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan LKPD berbasis KPS.

Full Text:

PDF

References


Astutik, S. Z., & Nurita, T. 2018. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. e-Journal Pensa, 204-207.

Choo. S.S.Y. (2011). Effect Worksheet Scaffold on Student Learning in Problem Based Learning. Journal Adv in Health Science Education, Springerlink. 16 (1), 517-528.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Diella, D., Ardiansyah, R., & Suhendi, h. y. 2019. Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penyusunan Instrumen Asesmen KPS bagi Guru IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7-11.

Furqon, W. A., Fadiawati, N., & Kadaritna, N. 2018. Efektivitas LKS Berbasis KPS Materi Asam-Basa dalam meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 197-210.

Hake, R. R. 1999. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physic, 65.

Handayani, Lina. 2020. Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajarna Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Eksploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering and Management Research (JIEMAR), 15-23.

Imran, S. 2014, October. Ilmu Pendidikan: Referensi Pendidikan dan Pembelajaran. Retrieved from Ilmu-Pendidikan.net: https://ilmu-pendidikan.net/pembelajaran/bahan-ajar/fungsi-dan-tujuan-penyusunan-dan-penggunaan-lembar-kegiatan-siswa

Lanto, M. S., Syahriani, & Rezki, U. 2018. Penerapan Pembelajaran Discovery Terbimbing Berbasis Lembar Kerja Peserta Disik (LKPD) Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Vidya Karya, 68.

Mursitaningrum, R.S., Yulisani, & Yakub P. 2019. Keefektifan LKPD Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis. Jurnal Bioedu, 97-104.

Prasetyaningyas, Susi. 2020. Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8694.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pers.

Purwanto, Sylviah Rimanita., Indrawati, & Mustangin. 2019. Model Discovery Learning pada Pembelajaran Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 51-53.

Ratamun, Murugan Mini & Kamisah Oman. 2018. The Effectiveness of Virtual Lab Compared to Physical Lab in The Mastery of Science Process Skills for Chemistry Expremient. Journal Problems of Education In The 21st Century, 544-560.

Safaah, E. S., Muslim, M., & Liliawati, W. 2017. Teaching Science Process Skill by Using the 5-Stage learning Cycle in Junior High School. Journal of Physic, 1.

Sofiyanti, S., Hartono, & Sumarni, S. 2019. Pengembangan Lembar Kerja peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Subtema Tubuh Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 22-28.

Tawil, M., & Liliasari. 2014. Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Wahyuni, Erna P., & Sulistyarsi S. 2019. Pengembangan LKS BerbasisKeterampilan Proses Sains Kelas VII SMPN 1 Sawahan Kabupaten Madiun. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, 159-164.


Article Metrics

Abstract view : 536 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.