ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMBACA HASIL PENGUKURAN ALAT UKUR DASAR JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Mulya Dwi Putra(1), Ramlawati Ramlawati(2*), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i3.19657

Abstract


Kemampuan peserta didik membaca hasil pengukuran alat ukur dasar merupakan penelitian yang dilakukan dengan pendekatan survey. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik membaca hasil pengukuran alat ukur dasar kelas VIII SMPN se Kecamatan Mamajang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini diambil dari 2 SMPN dengan pengambilan sampel secara random sampling class dengan rumus slovin yaitu jumlah 274 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes essay secara online melalui platform google form sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan peserta didik membaca hasil pengukuran alat ukur dasar kelas VIII SMPN 1 Makassar dengan rata-rata skor 21,76 persentase 54,41% (kurang), SMPN 3 Makassar rata – rata skor 20,63 persentase 51,59% (sangat kurang) dan kelas VIII SMPN se Kecamatan Mamajang memiliki rata – rata skor 21,21 persentase 53,03% (sangat kurang).

Full Text:

PDF

References


ALDIYAH, E. (2021). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PENGEMBANGAN SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SMP. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.85

Almadiliana, Saputra, H. H., & Setiawan H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 2). https://jurnal.educ3.org/index.php

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Artu N. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). In Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 2, Issue 2).

Baroni, S. (2008). Analisis Kemampuan Siswa Menggunakan Alat - Alat Ukur Pada Siswa SMP Negeri 33 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Dahlani, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Bunisari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2043

Dimyati, Triwidjaja, H. A., & Untari, E. (2012). Kesalahan Kesalahan Sistemik Dalam Pengukura Fisika Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Journal of Education and Learning, 2.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. CV Pustaka Setia.

Jamaluddin, Kade, A., & Nurjannah. (2015). ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM MENGGUNAKAN KIT IPA FISIKA DI SMP SE-KECAMATAN SOJOL KABUPATEN DONGGALA. In Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT (Vol. 3, Issue 1).

Khotimah, A. K. (2016). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Berret Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen. (Skripsi) Universitas Negeri Semarang.

Latief, M. (2019). Kemampuan Membaca Anak Indonesia Masih Rendah. Jurnal Edukasi Membaca, 9(2).

Mora, A. (2010). Deskripsi Keterampilan Siswa Kelas X dalam Menggunakan Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup di SMA Negeri 3 Pontianak. FKIP Untan.

Muslim, K. (2018). Penerapan Motode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran DI kelas X MIA MAS Darul Ulum Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar Raniry.

Prayitno, B. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK MENGGUNAKAN DAN MEMBACA HASIL BESARAN ALAT UKUR MISTAR SORONG DENGAN METODE VARIASI PEMBERIAN TUGAS. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 1(1).

Prilianti, R. (2014). Ketrampilan Proses Sebagai Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran IPA. Balai Diklat Keagamaan.

Purwanto, M. N. (2006). Prinsip - Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajian. PT Remaja Rosdakarya.

Riyanto, E. (2016). IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PRAKTIKUM PADA MATAKULIAH KONSEP IPA 2 DI PRODI PGSD FIP IKIP PGRI MADIUN. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02). https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.49

Rusdiani. (2021). HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENGUKUR MENGGUNAKAN JANGKA SORONG PADA MATERI PENGUKURAN DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X.B SMA NEGERI 18 PANGKEP . UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Sibiantoro, A. W. (2010). Pentingnya Eksperimen dalam Pembelajaran IPA. (Skripsi) Universitas Negeri Yogyakarta.

Tarmizi, T., Halim, A., & Khaldun, I. (2017). PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI DAN MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DI SMA NEGERI 1 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9689

Umi, C., & Novia, W. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kashiko.

Waldrip, B., Prain, V., & Carolan, J. (2010). Using Multi-Modal Representations to Improve Learning in Junior Secondary Science. Research in Science Education, 40(1), 65–80. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9157-6

Waluyanti, S. (2008). Alat Ukur Dan Teknik Pengukuran Jilid 1 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

White, A. L. (2005). Active mathematics in classrooms: Finding out why children make mistakes - and then doing something to help them. Square One, 4, 15–19.

Wulandhari, S., S, S. S., & S, H. T. M. (2013). DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN JANGKA SORONG PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 MEMPAWAH HILIR. JPPK Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).


Article Metrics

Abstract view : 520 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.