PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK SISWA SMA KELAS X PADA MATERI JAMUR

Sonia Oktaviani(1*), Yennita Yennita(2), Abdul Rahman(3),

(1) Universitas Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.19274

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi jamur dan mengetahui persentase kelayakannya melalui uji validitas. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode Research and Development (R&D) menurut Sugiyono (2012). Setelah dirancang, LKPD kemudian diuji kelayakannya melalui validasi oleh tiga orang ahli dan kemudian direvisi. Validasi menggunakan instrumen berupa lembar angket yang terdiri dari lembar angket untuk ahli media, ahli bahan ajar, dan praktisi. Hasil validasi menunjukkan LKPD dinilai sangat layak (88,38%) oleh para validator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD layak digunakan untuk siswa kelas.


Full Text:

PDF

References


Azhar, L.M. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional.

Basuki, N. 2015. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Bumiratu. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4(1): 78-91. (Online) (https://eprints.uny.ac.id/51007/1/Naskah%20TAS.pdf). Diakses tanggal 02 Februari 2019.

Fadliana, H. 2013. Studi Komporasi Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan Macromedia Flash dan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap Prestasi Belajar di Tinjau dari Motivasi Belajar Siswa Materi Asam Basa dan Garam Kelas VII SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 2(1): 35-37. (Online) (http://repository.unpas.ac.id/12753/4/BAB%20II.pdf). Diakses tanggal 12 Februari 2019.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Herman. 2015. Pengembangan LKPD Tekanan Hidrostatik Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Sains dan Pendidikan Kimia. Vol 11(2): 120-131. (Online) (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/104). Diakses tanggal 25 Februari 2019.

Katriani, L. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 3(1): 37-39. (Online) (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/laila-katriani-ssi-msi/pengembangan-lembar-kerja-peserta-didik-lkpd-ppm-dipa-fakultas-20141.pdf). Diakses tanggal 16 Juni 2019.

Kemendikbud. (2016) Permendikbud No. 024 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada tahun 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Lampiran III Permendikbud nomor 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan.

Majid, A.2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Menciptakn Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Rafikayuni. 2017. Pengembangan Lks Berbasis predict Observe Explanation Pada Submateri Keanekaragaman Hayati Kelas X. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Jurnal Untan. Vol 3(2): 45-46. (Online). (https://media.neliti.com/media/publications/209843-pengembangan-lks-berbasis-predict-observ.pdf). Diakses tanggal 05 Maret 2019.

Rahmatillah.2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhada Aktivitas Pada Materi Koloid. Jurnal IPA dan Pembelajara IPA(JIPI). 1(2): 121-130. (Online) (https://www.researchgate.net/publication/326349340_PENGEMBANGAN_LEMBAR_KERJA_PESERTA_DIDIK_BERBASIS_KETERAMPILAN_PROSES_SAINS_TERHADAP_AKTIVITAS_PADA_MATERI_KOLOID). Diakses tanggal 15 Maret 2019.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Pitasari, Y., Abdul, R., Kasrina. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Studi Pengaruh Osmosis Terhadap Warna Mata. Diklabio: Jurnal PendidikAN DAN Pembelajaran Biologi 2 (2) : 16-21. (Online)). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/ippb/article/view/6799). Diakses tanggal 17 Juli 2019.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Supiati, A. 2013. Development of Constructivist-Based Student Activity Sheet To Practice Science Process Skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol 2(2):145-146. (Online) (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/2688. Diakses tanggal 15 April 2019.

Yanti,E. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Materi Koloid Bermuatan Karakter Berbasis Model Discovery-Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education (JISE). Vol 4(1): 175-181. (Online) (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/6886. Diakses tanggal 20 April 2019.

Yasir. 2013. Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendeka¬tan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 2(1): 15-20. (Online) (https://www.researchgate.net/publication/307820236_Pengembangan_lembar_kerja_siswa_LKS_berbasis_pendekatan_inkuiri_terbimbing_dalam_pembelajaran_kooperatif_pada_materi_kalor). Diakses tanggal 17 Juni 2019.


Article Metrics

Abstract view : 447 times | PDF view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.