PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Nanda Alwardah(1*), Kardinal Sitorus(2), Nuraini Nuraini(3),

(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas negeri Medan
(3) SMP Negeri 1 Kualuh Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.18927

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VII SMP dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media power point interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian terdiri dari 30 orang peserta didik. Instrumen berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 3o soal dengan 4 pilihan dan urian sebanyak 10 soal pada materi pencemaran lingkungan. Pembelajaran dilakukan dengan dua siklus serta setiap pembelajaran dilakukan pre-test dan post-test. Peningkatan presentasi N-Gain pada siklus I: 63,8% (kategori sedang) dan siklus II: 81,2% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik SMP dengan menerapkan model PBL dengan menggunakan media power point interaktif pada materi Pencemaran lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Ahyar, R., Lufri dan Sumarmin, R. (2014). Pengembangan Multimedia Pada Materi Struktur Dan Fungsi Organ Manusia Untuk Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Biologi Education. Vol. 1, No.1.

Agustina, L. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Delanggu. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol 15 No.1.

Arends, R. I. (2011). Learning to Teach, (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Busra, K.H, Festiyed, dan Ramli. (2015). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Power Point Berbasis Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Fisika II. Universitas Negeri Padang.

Cahyaningsih, P., Siswanto, J., dan Sukamto. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4. No. 1.

Darmawan. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Grzeszczyk, K. B. 2016. Tools Used In Computer Assisted Language Learning And Multimedia In The Classroom. Journal of World Scentific News, WSN. Vol 43. No. 3.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusuma, W dan Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Leonda, M.A., Desnita, dan Agus (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem base Learning untuk Materi Usaha dan Energi di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 5.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Nisa, A. K. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Rerung, N., Iriwi, dan Widyaningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.Vol 6. No. 1.

Prima. C., & Heni, R.,(2015), Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, vol 16. No 1.

Sani. A., Rizka & Sahyar. (2016), Analisis Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, vol 5. No 2.

Shoimin, A. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simanjuntak, M. P., Siregar, L., dan Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Vol 7 No. 4.

Utrifani, A., dan Turnip, B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Larning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014. Jurnal Inpafi. Vol 2. No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 4164 times | PDF view : 673 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.