ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH CALON GURU IPA

Sitti Rahma Yunus(1*), Muhammad Aqil Rusli(2), Nurhayani H Muhiddin(3), Hasanuddin Hasanuddin(4),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.18222

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1.) Hubungan antara keterampilan proses sains (KPS) dengan hasil belajar IPA sekolah calon guru IPA, 2.) Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA sekolah calon guru IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey yang bersifat korelasional dengan populasi adalah seluruh mahasiswa S-1 Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM Makassar yang mengikuti kuliah Praktikum IPA Sekolah pada tahun akademik 2017/2018 sejumlah 53 orang. Instrumen penelitian terdiri dari 1) tes KPS, 2) tes hasil belajar, dan 3). Angket motivasi belajar. Keterampilan proses sains calon guru IPA pada kelas ICP dan reguler berada pada kategori tinggi. Skor rata-rata motivasi belajar baik pada kelas reguler maupun kelas ICP berada pada kategori tinggi. Rata-rata skor hasil belajar pada kelas ICP adalah 83 sedangkan pada kelas regular 71. Selanjutnya hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa korelasi antara keterampilan proses dengan hasil belajar calon guru IPA pada kelas reguler berada pada kategori rendah dan pada kelas ICP berada pada kategori sedang atau cukup. Korelasi antara motivasi dengan hasil belajar calon guru IPA pada kelas Reguler maupun kelas ICP berada kategori rendah.


Full Text:

PDF

References


Anike Putri, Emilia Dewiwati Pelipa. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 1, Nomor 1, Oktober 2015.

Anitah, Sri. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aydogdu, Bullent. 2015. The investigation of Science Process Skill of Science Teachers in terms of some variables. Academic Journal. Vol 10 (5), pp. 582-594

Bass, JE, Contant, TL, & Carin, AA. 2005. Methods for Teaching Science as Inquiry. Allyn & Bacon. Pearson. USA.

Dimyati and Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Febrianto, Beni. (2013). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahan Bangunan Siswa Kelas X Bangunan di SMK N 1 Tanjung Raya. CIVED ISSN 2302- 3341, Vol. I, Nomor 2, Juni 2013.

Miftahul Khiri, M. Ali. S, Abdullah. 2016. Hubungan Keterampilan Proses Sains Dengan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Media Alami Dipandu Modul Pada Submateri Invertebrata Di Mas Babun Najah Kota Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, Volume 4, Nomor 2, Oktober 2016, hlm. 1-52.

Mutlu, M & Temiz BK. 2013. Science Process Skill of students having field dependent and field independent cognitive style. Educ. Res. Rev. 8(11); 766-776.

P M Sari, F Sudargo, and D Priyandoko Correlation among science process skill, concept comprehension, and scientific attitude on regulation system materials. Journal of Physics: Conf. Series 948 (2018) 012008.

Rustaman, Nuryani Y, Soendjojo D, Suroso A Y, Yusnani A, Ruchji S, Diana R and Mimin N K.2003 Strategi Belajar Mengajar Biologi (Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI).

Tobin KG, & Capie W., 1962. Relationship between formal reasoning ability, locus of control, academic engagement and integrated process skill achievement. J. Res. Sci. Tech. 19; 113-121.

Tuti Respati. 2013. Hubungan Pemahaman Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Willa Ingri Angraini. 2016. Kontribusi Kemampuan Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak.


Article Metrics

Abstract view : 451 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.