PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Andi Arwan(1*), Muh Tawil(2), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.14341

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri terbimbing, Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Duampanua. Pengambilan sampel melalui teknik accidental sampling sehingga diperoleh kelas VII 1  sebanyak 26 siwa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 4 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri terbimbing tergolong dalam kategori sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,65. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua dengan menggunakan pembelajaran konvensional tergolong dalam kategori sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,54. Keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua yang diajar menggunakan pembelajaran Inkuiri terbimbing lebih tinggi dibanding yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t diperoleh diperoleh hasil analisis thitung= 18,41 >ttabel  = 1,67.

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. I., Nyoman, D. I., & Wayan, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa . E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan Pendidikan Dasar.

Mulyani, N. K., Wayan, K., & Nyoman, S. (2015). Komparasi Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kinerja Ilmiah Peserta didik Yang Dibelajarkan Dengan Model Projec Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing. E-Journal Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesa.

Neka. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. E-Journal Pasjasarjana Univeristas Ganesha.

Permendikbud, No.68.2013. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Menteri Pendidikan.

Rahmah, A., Lesmanawati, I. R., & Wahidin. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X Di SMA Negeri 1 Krangkeng. Journal Scientie Educatiaon.

Simbolon, D. H. (2015). Penagruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil Dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2016). Metode Penetian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Sutama, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas IX IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesa.

Tawil, M., & Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.


Article Metrics

Abstract view : 377 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.