PENGARUH PENGGUNAAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTS DDI KANANG
(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.12036
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Albihar, A.P. (2013). “Outdoor study terhadap pemahaman konsep bagian tumbuhan beserta fungsinya untuk tunanetra”. Jurnal Pendidikan Khusus.
Amalia, S., Mun’im, A. dan Yunus,S.R. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Makassar Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jurnal IPA Terpadu. Volume 2 Nomor 1.
Asiah, S. (2014). Penerapan metode outdoor activity dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD. Volume 02 Nomor 03.
Cintami & Mukminan. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar geografi berdasarkan locus of control di sekolah menengah atas Kota Palembang. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Vol.15 No.2.
Fitroh, H. U. (2016). Efektivitas metode outdoor study dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Laksita, R. , Dewi, E.R., dan Nurwahyunani, A. (2017). Pengaruh outdoor learning pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. Volume 1 No. 1.
Popov, O. (2006). Modeling and Visualling Outdoors Biology Activities in Teacher Education. www.educ.umu.se/(online). Akses 2 Februari 2019.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract view : 425 times | PDF view : 59 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.