PENGARUH PENGGUNAAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTS DDI KANANG

Sri Arwini Bahrun(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Hasanuddin Hasanuddin(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i2.12036

Abstract


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan metode ceramah, (2) peningkatan hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan menggunakan metode outdoor study, serta (3) pengaruh penggunaan metode outdoor study terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs DDI Kanang yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan VII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dengan pemberian Pretest dan Posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan metode Outdoor Study diperoleh skor rata-rata N-Gain 0,60 berada pada kategori sedang dan pada kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan metode outdoor study yaitu 0,40 berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh dengan menggunakan uji-t (uji hipotesis) menunjukkan bahwa metode outdoor study berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs DDI Kanang.

Full Text:

PDF

References


Albihar, A.P. (2013). “Outdoor study terhadap pemahaman konsep bagian tumbuhan beserta fungsinya untuk tunanetra”. Jurnal Pendidikan Khusus.

Amalia, S., Mun’im, A. dan Yunus,S.R. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Makassar Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jurnal IPA Terpadu. Volume 2 Nomor 1.

Asiah, S. (2014). Penerapan metode outdoor activity dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD. Volume 02 Nomor 03.

Cintami & Mukminan. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar geografi berdasarkan locus of control di sekolah menengah atas Kota Palembang. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Vol.15 No.2.

Fitroh, H. U. (2016). Efektivitas metode outdoor study dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Laksita, R. , Dewi, E.R., dan Nurwahyunani, A. (2017). Pengaruh outdoor learning pada model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. Volume 1 No. 1.

Popov, O. (2006). Modeling and Visualling Outdoors Biology Activities in Teacher Education. www.educ.umu.se/(online). Akses 2 Februari 2019.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 219 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:
Jl. Daeng Tata Raya, Parangtambung, Tamalate, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90244
Email: jit@unm.ac.id
CP: 082292175192

Indexed by: