PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 4 TANASITOLO (STUDI PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF)

Firda Widya Sari(1*), Nurhayani H Muhiddin(2), Sitti Rahma Yunus(3), Sitti Saenab(4),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.11963

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar dan tanpa diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tanasitolo. Penelitian ini merupakan Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 4 Tanasitolo yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel melalui teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 2 sebagai kelas Kontrol. Instrumen tes hasil belajar berupa pilihan ganda berjumlah 25 item soal. Teknik pengumpulan data adalah dengan pemberian Pretest dan Posttest. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe make a match diperoleh skor rata-rata N-Gain 0,62 pada kategori sedang dan kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan model kooperatif tipe make a match yaitu 0,49 pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh berdasarkan perbedaan hasil skor rata-rata N-Gain yang diperolah dan hasil belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match serta terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Apriyani, Maryanto, A., & Nurohman, S. (2016). Effects Of Cooperative Learning Model Make A Match Type Of Learning Against Sciencesocial Skills And Outcomes Cognitive Student Junior High School. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, V, 6.

Fathurrohman, M. (2017). Model-model pembelajaran inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriati, E., & Hadi, S. (2014). Keefektifan Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Dasar Permintaan dan Penawaran Uang pada Siswa Kelas X Sma Negeri 16 Semarang . Economic Education Analysis Journal , 70.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University, 2.

Kunandar, D. (2014). Penilaian Autentik(Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali pers.

Mikran, Pasaribu, M., & Darmadi, I. W. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, II, 16.

Paramita, I., Utami, N. R., & Isnaeni, W. (2012). Penggunaan Model Cooperative Learning Type Make-A-Match Terhadap Hasil Belajar Sistem Gerak. Journal of Biology Education, 287.

Supriatin, A. I. (2017). Penggunaan Kartu Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membedakan Jenis-Jenis Adaptasi. Jurnal Wahana Pendidikan, IV, 2-4.

Wandy. (2017). Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, III, 115-116.

Wardani, S. R., Fuady, A., & Andayani. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya.

Yulianti. (2016). Pengembangan Alat Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi. Journal of Islamic Education Studies, I, 415-416.


Article Metrics

Abstract view : 392 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.