HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 33 MAKASSAR

Abdul Rozzaq Nurhidayat Latif(1*), Hasanuddin Hasanuddin(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.11365

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan sikap ilmiah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar, (2) Mendeskripsikan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar, dan (3) Menguji adanya hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 350 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan rumus Slovin dengan kesalahan 5% sehingga di dapatkan sampel sebanyak 187 peserta didik. Instrumen penelitian adalah angket sikap ilmiah dan tes hasil belajar IPA yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 item yang telah divalidasi ahli. Hasil penelitian ditemukan : (1)  Sikap ilmiah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar memiliki rata-rata skor keseluruhan sebesar 105,98 yang termasuk dalam kategori sedang.; (2) Hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar memiliki rata-rata keseluruhan skor sebesar 13,35 termasuk dalam kategori sedang.; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar sebesar 0,333 termasuk dalam kategori rendah.

Full Text:

PDF

References


Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu, Volume 2 No. 5.

Asy’ari, M. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jakarta: Muslichach Asy’ari. (2006). Penerapan PendekDepartemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Azhari, S. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Denpasar. Skripsi. Universitas Penidikan Ganesha. Diakses melalui: https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3127.

Azmi, M., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86-94. doi:http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v2i2.294.

Salule, B. (2017). Hubungan antara Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Logis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Diakses melalui: https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/441413012/hubungan-antara-sikap-ilmiah-dan-kemampuan-berpikir-logis-dengan-prestasi-belajar-mahasiswa-juruan-kimia.html.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, D. P. (2014). Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa dengan Model Project Based Learning Di Kelas VIII A SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal Universitas Jambi.

Purnama. (2008). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Razak, F. & Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene . Jurnal “Mosharafa”, Volume 7, Nomor 1, Januari 2018 E-Issn: 2527-8827.

Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu konsep strategi dan implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yunita, F., Fakhruddin, & Nor, M. (2013). Hubungan Antara Sikap Ilmiah Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika DI Kelas XI IPA MA Negeri Kampar. Diakses melalui : https://repository.unri.ac.id/bitstream/123456789/1508/1/Jurnal%20Frima%20Yunita.pdf.


Article Metrics

Abstract view : 844 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.