PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan)

Tandzilah Mutmainnah(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sitti Saenab(3),

(1) Sekolah Islam Athirah 2 Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11161

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimental) yang bertujuan untuk mengetahui : 1) Deskripsi hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, 2) Deskripsi hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning, 3) Perbandingan pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene dengan jumlah peserta didik 205 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara “double random sampling” yaitu jumlah peserta didik dari 7 kelas dirandom dan didapatkan 2 kelas kemudian dirandom kembali dan didapatkan kelompok sampel yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen I (Inkuiri Terbimbing) dan kelas VII D sebagai eksperimen II (Problem Based Learning). Desain penelitian ini yang digunakan adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Penelitian ini menggunakan Instrumen soal pilihan ganda sebanyak 25 item soal. Hasil perolehan analisis menunjukkan Hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan rata-rata N-gain 0,58 berada dalam kategori sedang. Hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan rata-rata N-gain 0,48 berada dalam kategori sedang. Hasil statistik inferensial yang dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung (2,27)> t tabel  (1,67 ) berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar pesera didik kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene Kab. Pangkep yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih berpengaruh daripada model pembelajaran Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi. (2013). Penerapan pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri & Surakarta. Vol 5. No 1.

Amir, Taufiq. (2009). Inovasi pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Gunantara, Gd., Suarjana, Md., & Riastini, N. Pt. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Vol 2. No 3.

Hadiati, D., & Nasution, Y. Mhd. (2016). Perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) Dan model pembelajaran inkuiri pada materi sel di SMA Negeri 16 Medan. Vol 4. No 1.

Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 21. No 3

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Depdikbud.

Uno. B, Hamzah. (2012). Belajar dengan pendekatan PAILKEM (pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyudi, L. E., & Supardi, I. Z. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Di SMAN 1 SUMENEP. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 2. No 2.

Wulandari, B. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Vol 3. No 2

Yunansah, H., Halimah, L., & Solihat, N.W. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Dididk pada Materi Cuaca Kelas III Sekolah Dasar. Vol 1. No 8.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.