PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan)
(1) Sekolah Islam Athirah 2 Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11161
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi. (2013). Penerapan pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri & Surakarta. Vol 5. No 1.
Amir, Taufiq. (2009). Inovasi pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Gunantara, Gd., Suarjana, Md., & Riastini, N. Pt. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Vol 2. No 3.
Hadiati, D., & Nasution, Y. Mhd. (2016). Perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) Dan model pembelajaran inkuiri pada materi sel di SMA Negeri 16 Medan. Vol 4. No 1.
Simbolon, D. H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 21. No 3
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Depdikbud.
Uno. B, Hamzah. (2012). Belajar dengan pendekatan PAILKEM (pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wahyudi, L. E., & Supardi, I. Z. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Di SMAN 1 SUMENEP. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol 2. No 2.
Wulandari, B. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Vol 3. No 2
Yunansah, H., Halimah, L., & Solihat, N.W. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Dididk pada Materi Cuaca Kelas III Sekolah Dasar. Vol 1. No 8.
Article Metrics
Abstract view : 445 times | PDF view : 63 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.