PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 15 MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11154
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Asrori, H.Muh. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Amtonurajah., Muhsinatun S. M. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Outdoor Activity di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Perbalingga. Jurnal Pendidikan IPS. Volume 2. No.1, Maret 2015 (1-11).
Carrier, S. J. (2009). The Effects of outdoor Science Lesson with Elementary School Students on Preservice Teachers ‘Self-Efficacy’. North California State University. Journal of Elementary Science Education. Vol.21. No. 2. (Spring 2009), pp. 35-48.©2009 Document and Publication Services, Western Illinois University.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Hake, R. (1999). Analizyng Change/Gain Scores. http://www.physics.indiana.edu/. Gowa. Diakses pada tanggal 30 Juli 2017.
Haling, Abd., dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran SAINS Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pusaka Reka Cipta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kurnianingsi, A., Darsiharjo., Enok M. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Pemahaman Konsep Pelestarian Lingkungan Hidup Peserta Didik di MTsN Singaparna. Jurnal Pendidikan Geografi. Volume 15. Nomor 1.
Mariyana, R., Ali N., dan Yeni R. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Penada Media Group.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ulum, B., & Hidayah, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Pokok Ikatan Kimia untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Widyah Darma Surabaya. Unesa Journal Of Chemical Education Vol 4 N0.2, Pp. 156-152. Diakses pada tanggal 7 September 2017. Makassar.
Nugroho, A.A., dan Nur R.H. (2016). Implementasi Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistematika Tumbuhan Tinggi. Jurnal Bioedukasi. Volume 9. Nomor 1.
Pratama, A.s., Dede M.I., dan Sulilowati. Pendekatan Outdoor Learning Jelajah Alam Sekitar (JAS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Cinta Lingkungan Sekitar. Jurnal Antologi UPI. Volume Edisi. No.
Rahayu,Y.H., dan Ira Lestari. (2014). Penerapan Outdoor Learning Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 8 Pontianak. Artikel Penelitian
Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran Sebuah Penngantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.
Sani, R.A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pres.
Sejati, A.E., Sumarni., I. N. R. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA. Jurnal pendidikan: Teori, Penelitan, dan Pengembangan. Volume 1. Nomor 2.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan Ke-23. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S, (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kusuma Karya.
Tiro, Muh. A. (2015). Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.
Widiasworo, E., (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, & Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract view : 1188 times | PDF view : 116 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.