PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII STUDI PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN
(1) SMP Al Wafi Boarding School Bogor
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11151
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A’la, Miftahul. (2012). Quantum Teaching .Yogyakarta: DIVA Press.
Arikunto S, (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ahmad anazir, (2014). Peningkatan Pendidikan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning.” JurnalPendidikan“ Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.
DePorter, Bobbi. (2012). Quantum Teaching :mempratikkan quantum learning di ruag-ruang kelas. Bandung:Penerbit Kaifa.
Dimayatidan, Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dakasyi, Muhammad. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe.” Jurnal didaktik Matematika.
Handayani, D. (2011). Modifikasi Quantum Learning Dan Metode Ekspositori Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Universitas Brawijaya.
Kosasih, N., & Dede Sumarna. (2013). Pembelajaran Quantum Dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Penerbit: ALFABETA
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Pendidik. Jakarta :Remaja Rosdakarya.
Murizal, Angga. (2012). Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. “Jurnal pendidikan matematika hal 19-23. Jurusan Matematika FMIPA UNP.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Koolang, Salim Mulyadi, AmranRede, & Mohammad Jamhari, (2014). "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Berbagai Peristiwa Alam di Kelas V SDN Pakanangi melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching." Jurnal Kreatif Tadulako Online 1.2
Riduwan . (2008). Dasar-DasarStatistika. Bandung Alfabeta.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain system pembelajaran. Jakarta :Fajar Interpratama Mandiri.
Sari, Ratna Nur Indah. (2012). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi”. Skripsi. Diakses dari repository.upi.edu/operator/upload/s_pek_0707514_chapter5.pdf
Sari, Yunita Kartika. (2013). “Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Berbasis Karakter Dan Konservasi. .”Jurnal pendidikan biologi UNNES”Jurusan Biologi UNNES.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung :Alvabeta.
Susiani Ketut. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar Ipa Siswa .“Jurusan Pendidikan Dasar“ Program PascaSarjana Pendidikan Ganesa Singaraja. Indonesia.
Wena, Made. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yayuk Fransiska. (2012). "Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SP." Jurnal Pendidikan IPA 2.1.
Article Metrics
Abstract view : 286 times | PDF view : 47 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.