PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII STUDI PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

Dwi Hardiyanti Andriani(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) SMP Al Wafi Boarding School Bogor
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11151

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan  yaitu: (1) Peningkatan Hasil belajar IPA peserta didik sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional; (2) Hasil belajar IPA Peserta didik sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran Quantum; (3) Pengaruh model pembelajaran Quantum terhadap Peningkatan  Hasil Belajar IPA Peserta didik.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Muhammadiyah terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 104 Orang. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik Double random sampling yang dipilih  dari dua kelas. Kelas VIII1 adalah kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  Quantum dan Kelas VIII2 adalah kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  konvensional. Kelas pertama adalah kelas VIII2 dengan 26 peserta didik dan kelas kedua adalah VIII2 terdiri dari 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar dengan model pembelajaran Quantum pada kelas VIII1 berada pada kategori tinggi; (2) Hasil belajar IPA Peserta didik model pembelajaran konvensional pada kelas VIII2 berada pada kategori rendah; (3) Terjadi pengaruh sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran Quantum pada kelas VIII2 dibandingkan Hasil belajar IPA Peserta didik sesudah dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII1 dengan peningkatan yang lebih tinggi pada Hasil belajar IPA Peserta didik.

Full Text:

PDF

References


A’la, Miftahul. (2012). Quantum Teaching .Yogyakarta: DIVA Press.

Arikunto S, (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ahmad anazir, (2014). Peningkatan Pendidikan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning.” JurnalPendidikan“ Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

DePorter, Bobbi. (2012). Quantum Teaching :mempratikkan quantum learning di ruag-ruang kelas. Bandung:Penerbit Kaifa.

Dimayatidan, Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dakasyi, Muhammad. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe.” Jurnal didaktik Matematika.

Handayani, D. (2011). Modifikasi Quantum Learning Dan Metode Ekspositori Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Universitas Brawijaya.

Kosasih, N., & Dede Sumarna. (2013). Pembelajaran Quantum Dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Penerbit: ALFABETA

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Pendidik. Jakarta :Remaja Rosdakarya.

Murizal, Angga. (2012). Pemahaman Konsep Matematis Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. “Jurnal pendidikan matematika hal 19-23. Jurusan Matematika FMIPA UNP.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Koolang, Salim Mulyadi, AmranRede, & Mohammad Jamhari, (2014). "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Berbagai Peristiwa Alam di Kelas V SDN Pakanangi melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching." Jurnal Kreatif Tadulako Online 1.2

Riduwan . (2008). Dasar-DasarStatistika. Bandung Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain system pembelajaran. Jakarta :Fajar Interpratama Mandiri.

Sari, Ratna Nur Indah. (2012). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi”. Skripsi. Diakses dari repository.upi.edu/operator/upload/s_pek_0707514_chapter5.pdf

Sari, Yunita Kartika. (2013). “Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Berbasis Karakter Dan Konservasi. .”Jurnal pendidikan biologi UNNES”Jurusan Biologi UNNES.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung :Alvabeta.

Susiani Ketut. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar Ipa Siswa .“Jurusan Pendidikan Dasar“ Program PascaSarjana Pendidikan Ganesa Singaraja. Indonesia.

Wena, Made. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yayuk Fransiska. (2012). "Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SP." Jurnal Pendidikan IPA 2.1.


Article Metrics

Abstract view : 286 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.