ANALISIS KESULITAN DALAM PEMEBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI LIMBORO

Saharuddin Saharuddin(1*), Mawarni Wahab(2),

(1) SMP Negeri Limboro
(2) SMP Negeri Limboro
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11148

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penyebab kesulitan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran IPA terpadu di SMP Negeri  Limboro. Penelitian menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengambilan data yakni analisis dokumen dan wawancara. Analisis dokumen dilakukan terkait dengan spesifikasi pendidikan guru IPA terpadu di SMP Negeri Limboro dan analisis hasil belajar peserta didik. Wawancara dilakukan kepada guru dengan menggunakan 8 pertanyaan yang terkait dengan masalah pembelajaran IPA. Hasil penelitian menujukkan kesulitan yang ditemukan dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri Limboro secara umum disebabkan oleh dua hal yakni (1) dasar pendidikan guru IPA terpadu yang masih secara khsusu berasal dari pendidikan Biologi dan Pendidikan Fisika dan (2) Kekurangan sarana dan prasarana laboratorium yang menunjang praktikum mata pelajaran IPA. Secara umum solusi yang ditawarkan adalah pemberian pelatihan yang berkaitan dengan kontet IPA terpadu yang setara dengan 30 – 40 sks. Pelatihan seyogaynya diberikan oleh dinas pendidikan terkait disertai dengan identifikasi masalah serupa di kabupaten Polewali Mandar.

Full Text:

PDF

References


Carin, Arthur A. 1997. Teaching Science Through Discovery, 8th edition. Ohio: Merrill Publ. Co.

Cochran, K.F.,DeRuiter, J.A., dan King, R.A. 1993. Pedagogical Content Knowing: An Integrative Model for Teacher Preparation. Journal of Teacher Education, 44 (4): 263-272.

Diamond, I. 2011. Science Education in Schools. London: TLRP Institute of Education University of London.

Said, Ziad (2014) The Importance of Practical Activities In School Science: Perspectives Of Independent School Teachers In Qatari Schools. EDULEARN14 Conference. Barcelona - Spain. Volume: pp. 4847-4856

Subiantoro, A.W (9 Juni 2019). Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Diakses dari laman http://staffnew.uny.ac.id/upload/132309690/pengabdian/PPM_PENTINGNYA+PRAKTIKUM.pd


Article Metrics

Abstract view : 1516 times | PDF view : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.