PENGARUH MEDIA PUZZLE PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIVISI PENCAPAIAN KELOMPOK PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAPPEDECENG (STUDI PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA) KABUPATEN LUWU UTARA

Nurhaerani Samudar(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Sudarto Sudarto(3),

(1) SMP Negeri 2 Mappadeceng
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11147

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media puzzle pada model pembelajaran kooperatif tipe divisi pencapaian kelompok peerta didik terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media puzzle pada model pembelajaran kooperatif tipe divisi pencapaian kelompok peserta didik di kelas eksperimen, variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA peserta didik pada materi pokok Sistem Peredaran Darah pada Manusia. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mappedeceng yang terdiri atas 8 kelas dengan jumlah peserta didik 248 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan acak kelas (cluster random sampling). Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 peserta didik dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 peserta didik. Data diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda. Analisis data mengunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh peserta didik yang diajar dengan media puzzle lebih tinggi ( 0,511) daripada peserta didik yang diajar tanpa media puzzle ( 0.32). Sedangkan hasil analisis statistik inferensial yang menggunakan uji pihak kanan dan membuktikan H0 di tolak dan H1 diterima. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t, menghasilkan thitung (2,55) > ttabel (2,00) pada a = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media puzzle pada model pembejaran kooperatif tipe divisi pencapaian kelompok peserta didik terhadap hasil belajar IPA peserta didik studi pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia.


Full Text:

PDF

References


Apriliani, Dewi. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement And Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Koloid Kelas XI Semester II MAN Mataram Tahun Ajaran 2012/2013. Mataram. Tidak dipublikasikan

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Arsyad, 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Basuki, W dan Mukti, F. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV.Maulana.

Chamidah dan Mintohari. 2014. Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. JPGSD. Volume 02 Nomor 01

Diana, A. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Puzzle Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Kubus Dan Balok SMPN 9 Mataram. Mataram. Tidak dipublikasikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumingin, S. 2011. Strategi dan aplikasi: model pembelajaran inovasif bahasa dan sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik, O. 2006. Media Pendidikan, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Huda, M. 2009. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelempok. Bandung: Alfabeta

Kustandi dan Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Kurniawati, dkk. 2013. Implementasi Metode Penugasan Analisis Video Pada Materi Pengembangan Kognitif, Sosial , Dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 2 No.2.

Marwanto, dkk. 2014. Pengaruh Strategi Assurance Interest Assessment Satisfaction (Puzzle Vs Video) terhadap Hasil Belajajar Kognitif Siswa Tentang Ekosistem di Man 8 Jakarta. Jakarta: Tidak dipublikasikan.

Meltzer, D. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. American Journal Physics, Volume 70 No. 2.

Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ali-muhson-mpd/ali-muhson-2010-pengembangan-media.pdf. Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1-10

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik dan Impelemntasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patmonodewo, S. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta Bekerjasama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmanelli. 2008. Efektivitas Pemberian Tugas Media Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional. Pelangi Pendidikan, Volume 11.

Resiyanti. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Peta Lingkungan Setempat dengan Media Puzzle Peta Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Petarukan Pemalang. Surakarta: Tidak dipublikasikan.

Rusman, dkk. 2010. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Salwah, S. 2007, Permainan Educatif, Jakarta: Aq Press.

Sanjaya, W. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Shifa. 2013. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran BertingkatBerdasarkan Taksonomi Bloom Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Siswa Pada Tema Cahaya. Semarang: Tidak dipublikasikan.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 303 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.