PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 18 MAKASSAR (Studi pada Materi Pokok Alat Optik)

Sudarto Sudarto(1*), Ratnawaty Mamin(2), Erika Nadya Nastiti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11146

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar (Studi pada Materi Pokok Alat Optik). Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Noneqivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 10 kelas. Adapun sampel penelitian ini dilakukan dengan cara double random sampling dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa H1 diterima pada α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berada pada kategori sangat tinggi, dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction berada pada kategori sedang. 2) Hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction dengan hasil thitung = 4,67 > ttabel(0,58) = 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Amarendra, G. V. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Menggunakan Strategi Elaborasi Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 04. No. 03.

Hidayatullah, R. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Dengan Mengimplementasikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 04. No. 01.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jihad, A. & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Taniredja, T., Faridli, M.,& Harmianto, S. 2012. Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Wardani, C. A. et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Edutech. Vol 2 No. 1.

Wulandari, P. Y. et al. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD Vol 2 No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 178 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.