PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 18 MAKASSAR (Studi pada Materi Pokok Alat Optik)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11146
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amarendra, G. V. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Menggunakan Strategi Elaborasi Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 04. No. 03.
Hidayatullah, R. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Dengan Mengimplementasikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 04. No. 01.
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jihad, A. & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Taniredja, T., Faridli, M.,& Harmianto, S. 2012. Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Wardani, C. A. et al. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Edutech. Vol 2 No. 1.
Wulandari, P. Y. et al. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD Vol 2 No. 1.
Article Metrics
Abstract view : 178 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.