PENGARUH STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 PALLANGGA

Farha Mutia Syam(1*), Abdul Mun'im(2), Ratnawaty Mamin(3),

(1) SMK Negeri 6 Pangkep
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11143

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian eksperimental-Semu (Quasi-Experimental Research) bertujuan untuk mengetahui: (1) skor hasil belajar peserta didik sebelum diajar menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here, (2) skor hasil belajar peserta didik setelah diajar menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here, (3) skor hasil belajar peserta didik sebelum diajar menggunakan strategi ekspository, (4) skor hasil belajar peserta didik setelah diajar menggunakan strategi ekspository, (5) perbedaan hasil belajar dari peserta didik yang diajar menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here dengan strategi ekspository. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pallangga yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ada 2 yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 29 orang dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 29 orang, yang dipilih dengan teknik acak kelas. Penelitian ini menggunakan instrument soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan strategi. Data hasil belajar peserta didik diperoleh dari tes hasil belajar tentang materi pokok ekosistem yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan strategi Everyone is A Teacher Here lebih baik dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan menggunakan strategi ekspository. Hasil analisis deskriptif dengan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t  hasil belajar diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,57 > 1,66 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga ada perbedaan strategi Everyone is A Teacher Here terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pallangga dengan strategi ekspository. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa (1) skor hasil belajar peserta didik sebelum diajar menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here adalah 8,63 dengan kategori rendah, (2) skor hasil belajar peserta didik setelah diajar menggunakan strategi Everyone is A Teacher Here adalah 15,46 dengan kategori sedang, (3) skor hasil belajar peserta didik sebelum diajar menggunakan strategi ekspository adalah 9,98 dengan kategori rendah,(4) skor hasil belajar peserta didik setelah diajar menggunakan strategi ekspository adalah 12,67 dengan kategori sedang, (5) strategi Everyone is A Teacher Here berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pallangga pada materi pokok ekosistem dibandingkan strategi ekspository.

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora

Rahayu, Yuni. 2015. Penerapan Model Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Tumiyang Kabupaten Banyumas. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sembiring, Ermina. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-5 Melalui Pemberian Tugas dengan Menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here Di SMP Negeri 3 Berastagi. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED. Vol. 3 No. 1 Hlm. 60-68.

Silberman, L. Melvin. 2009. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa media.

Sulaiman. 2016. Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal e-DuMath. Vol. 2 No. 1. Hlm. 152-160

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.