PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKAJENE (STUDI PADA MATERI POKOK PESAWAT SEDERHANA)

Abdul Mun'im(1*), Sitti Rahma Yunus(2), Awaluddin Aksa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11142

Abstract


Penelitian ini adalah eksperimen semu yang tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene pada materi pesawat sederhana. (2) Untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene pada materi pesawat sederhana. Tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik Porposive Sampling. Sampel penelitian yang digunakan 38 orang pada kelas eksperimen dan 38 orang pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument Angket untuk mengukur motivasi belajar dan instrument soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata nilai motivasi dan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dibandingkan data nilai motivasi dan hasil belajar kelas kontrol denngan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t  motivasi belajar diperoleh nilai thitung sebesar 2,2 dan nilai ttabel adalah 1,66. Dari hasil perhitungan Uji-t hasil belajar diperoleh t hitung> t tabelyaitu 2,35> 1,66 sehingga H0 ditolakdan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa adapengaruh positif pendekatan STM terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan STM terhadap motivasi dan hasil belajar hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene pada materi pesawat sederhana.


Full Text:

PDF

References


Agustini, D., Subagia, IW. & Suardana I N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Penguasaan materi dan Keterampilan Pemecahan Masalah siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MTs Negeri Patas. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3.

Gunarto, W. & Hidayah, N. 2014. Upaya Meningkatkan minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran Alat-alat Optik Melalui Pendekatan sains Teknologi masyarakat di kelas VIII SMPN 3 Belitang Madang Raya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 1 no.1 ISSN. 23555-7109.

Lestari, Syahruddin & Jampel. Pengaruh pendekatan Sains teknologi masyarakat (STM) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Tegalallang. Jurnal Pendidikan ganesha.

Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masyarakat. Model Pembelajaran Bermuatan Nilai. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Renold., J., & Rede, A. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Sains teknologi masyarakat (STM) pada pembelajaran IPA pokok bahasan daur air siswa. Jurnal kreatif Tadulako Online. Vol 1 no 2 : ISSN 2354 64X.

Septiawan, Krista I Gd. Arini, Ni Wy. & Wawan, Sudata I Gd. 2014. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi masyarakat (STM) berbantuan media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas V semester ganji di SD Negeri 2 Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD undiksha. Vol 2 No.1 Tahun 2014.

Sudjana, N. 2015. Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Roskakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif Dan R&D. Alfabeta: Bandung

Wahyudi, 2002. Tingkat Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan. Vol 3(6). Hal 389.


Article Metrics

Abstract view : 600 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.