PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMPN 1 MATTIRO BULU (PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI)

Sitti Saenab(1*), Ratnawaty Mamin(2), Nur Ismiyanti Arding(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11140

Abstract


  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Mattiro Bulu pada materi pokok Usaha dan Energi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mattiro Bulu semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah peserta didik 310 orang. Adapun Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII.9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pemberian tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest). Berdasarkan kategori N-Gain hasil analisis data untuk kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,50 kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,41 kategori sedang. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw yang diteliti maka digunakan uji statistik inferensial pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mattiro Bulu.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hakim, S. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Juli-Desember 2014.

Hertiavi, M. A et al. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Ooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010).

Isjoni. 2009. Cooperatif Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif, Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jumarni, S. et al. 2013. Penerapan Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Di Smp. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1 No. 2.

Kesnajaya, I. K. et al. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pada Sd Negeri 3 Trianyar Barat. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 5 Tahun 2015.

Mujenah, W. et al. 2013. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas VIII MTSN Model Selong Kabupaten Lombok Timur Tahun AJaran 2012/2013. E-Journal Program Pascasarjana Universtas Pendidikan Ganesha. Volume 3 Tahun 2013.

Rejeki, N. E. S. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII G Semester 2 Smp Negeri 2 Toroh Grobogan. Jurnal Lemlit Volume 3 Nomer 2 Desember 2009.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesional guru Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, R. A. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Setianingrum, R. D. 2016. Pengaruh Penerapan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn 2 Sabranglor. Jurnal Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar Edisi 17 Tahun ke-5 2016

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistyowati, E & Wisudawati, A.W. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Umar, E. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar Melalui Belajar Kooperatif Tipe Jigsaw. Inovasi, Volume 8 Nomor 3 September 2011.


Article Metrics

Abstract view : 509 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.