PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 15 MAKASSAR (MATERI POKOK EKOSISTEM)

Nur Kurnaeni(1*), Sudarto Sudarto(2), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) SMP Negeri 4 Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11138

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery pada meteri ekosistem terhadap peningkatan hail belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Makassar. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Makassar terdiri dari sepuluh kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 340 Orang. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik double random sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas pertama adalah kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran guided discovery dan kelas kedua adalah kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran  konvensional. Kelas pertama adalah kelas VII1 dengan 33 peserta didik dan kelas kedua adalah VII3 terdiri dari 35 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar IPA Peserta didik sebelum diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VII3 berada pada kategori rendah; (2) Hasil belajar IPA Peserta didik sesudah diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VII3 berada pada kategori sedang; (3) Hasil belajar IPA Peserta didik sebelum diajar dengan model pembelajaran guided discovery pada kelas VII1 berada pada kategori rendah; (4) Hasil belajar IPA Peserta didik sesudah diajar dengan model pembelajaran guided discovery pada kelas VII1 berada pada kategori tinggi; (5) Terjadi peningkatan yang lebih tinggi pada hasil belajar IPA Peserta didik sesudah diajar dengan model pembelajaran guided discovery pada kelas VII1 dibandingkan hasil belajar IPA Peserta didik sesudah diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VII3


Full Text:

PDF

References


Aprilia & Mulyaningsi, 2014. Penerapan Perangkat Pembelajaran Materi Kalor melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Kelas X SMA. Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) Vol. 03 No. 03.

Bilfaqih Y, M & Nur Qomarudin. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish. Diakses 23 Agustus 2016, dari Google play.

Haryani A, 2010. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pokok Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii A Mts Darul Ulum Beringin Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Huda,M. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permana, 2016. Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik MAN MODEL Makassar. Program Pascasarjana UNM Makassar.

Purwanto, Nugroho, dan Wiyanto, 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir. Kritis. Jurusan Fisika, Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Unnes physics Education Journal 1 (1) (2012). http://journal.unnes.ac.id/sju/indekx.php/upej

Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktvistik & Menyenangkan.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sulistyowati, Widodo, dan Sumarni, 2012. Pengaruh Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Kimia. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang. Chem in Edu 2(1) (2012). Chemistry In Education.http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index. php/Chemined

Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktvistik & Menyenangkan.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Widiadnyana, 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014). Diakses 27 Mei 2017.

Wisudawati & Sulistyowati, 2014. Metodolologi Pembelajaran IPA. Jakarta:Bumi Aksara.

Yakub & Vico hisbanarto, 2014. System Informasi Manajemen Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 277 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.