Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di SMKN 6 Bone Selama Pandemi Covid-19 Menggunakan Model Kirkpatrick

Al Imran(1*), Syamsurijal Syamsurijal(2), Adelia Ayu Martina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai proses dan hasil pelaksanaan Praktek kerja Lapangan (PKL) selama Pandemi Covid-19 di SMKN 6 Bone dengan menggunakan model Kirkpatrick. Evaluasi pelaksanaan PKL dilhat dari 4 aspek, yaitu aspek reaksi, belajar, dan perilaku siswa setelah PKL berlangsung serta nilai hasil PKL siswa. Aspek reaksi, belajar, dan perilaku merupakan aspek penilaian proses pelaksanaan PKL. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) yang bersifat kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMKN 6 Bone yang telah melaksanakan PKL, yaitu sebanyak 120 siswa. Siswa responden sebanyak 93 siswa ditentukan dengan teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin. Data penelitian diambil melalui kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses dan hasil pelaksanaan PKL siswa SMKN 6 Bone selama pandemi Covid -19 adalah tinggi dan nilai rata-rata PKL siswa adalah 86,65 atau jauh di atas nilai KKM.


Keywords


Evaluasi; Praktek Kerja Lapangan; Model Kirkpatrick; Pandemi Covid-19; SMKN 6 Bone

Full Text:

PDF

References


Kirkpatrik, Donald L. & James D. Kirkpatrick. (2009). Implementing the Four Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs. California: Berrett-Koehler Phubliser.

Aditya Mardiastuti, 2023. "Mengenal Rumus Slovin, Kapan Digunakan dan Contoh Soal". https://www.detik.com/jabar/berita/d-6253944/mengenal-rumus-slovin-kapan-digunakan-dan-contoh-soal. Diakses tanggal 5 Juni 2023.

Agus, P., Aptiyasa, A., Pendidikan, J., Sipil, T., & Perencanaan, D. A. N. (2012). Pengaruh Mata Pelajaran Produktif Dan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Tenaga Kerja Industri Jasa Konstruksi Siswa Kelas XI Jurusan Bangunan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Saputri, Renny Permata (2018). Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Di SMKN 2 Padang. Jurnal PTI (Pendidikan dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia YPTK Padang, 5(2), 92-100.

Ahmad Iqbal Ismawanto, dkk. (2020). Keterlaksanaan Program Praktik Industri Program Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Menggunakan Evaluasi Model Kirkpatrick. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 3(1), 34-42

Fajriah, U. N., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, dan bimbingan karir pada kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 421-432.


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats