Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Sistem Operasi di Program Studi PTIK Universitas Negeri Makassar

Ikra Ain Fahwa(1*), Riana T. Mangesa(2), Andi Baso Kaswar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan e-modul mata kuliah Sistem Operasi di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), rancangan pengembangannya menggunakan model 4-D. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi PTIK Universitas Negeri Makassar. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui lembar uji validasi, angket respon mahasiswa, dan instrumen penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Dari penelitian ini, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul Sistem Operasi di Program Studi PTIK Universitas Negeri Makassar dinyatakan valid berdasarakan hasil validasi oleh ahli materi dan media yang berada pada kategori sangat valid. E-modul Sistem Operasi dinyatakan praktis berdasarkan frekuensi tanggapan responden pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan kategori sangat baik. E-modul Sistem Operasi dinyatakan efektif karena memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran sehingga efektif meningkatkan hasil belajar, ditinjau dari hasil belajar mahasiswa dengan kategori lulus dengan nilai tinggi sehingga dinyatakan efektif. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul Sistem Operasi valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa Program Studi PTIK Universitas Negeri Makassar.

Keywords


E-modul Pembelajaran; Sistem Operasi; Research and Development (R&D)

Full Text:

PDF

References


M. P. Prof. Dr. Ir. Amos Neolaka and M. P. Grace Amialia A. Neolaka, S.Pd., Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana, 2017.

N. Hikmah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer Di Prodi PTIK JTIK FT UNM” Universitas Negeri Makassar, 2020.

N. Ramadhanty, Desnita, Asrizal, and Y. Darvina, “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan E-Modul Newton Gravitasi Dan Usaha Energi Kelas X Sman 2 Padang,” Pillar of Physics Education, vol. 13, no. 3, pp. 419–426, 2020.

S. A. Karim, J. M. Parenreng, and A. Hafizh, “Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer Di Prodi PTIK UNM,” INTEC Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 75–78, 2022, Accessed: Mar. 16, 2023. [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/intec/article/view/32192.

N. Sugihartini and N. Laba Jayanta, “Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 14, no. 2, p. 221, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/716.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats