Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa dengan Model PBL pada Mata Pelajaran Informatika di SMA Negeri 1 Jagoi Babang

Azharuddin Azharuddin(1*),

(1) SMA Negeri 1 Jagoi Babang
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Informatika menggunakan Model Problem Based Learning.Pembelajaran dilakukan secara daring selama kurun waktupelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Makassar. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jagoi Babang. Siklus pembelajaran dilakukan sebanyak tiga siklus atau tigapertemuan secara daring. Dalam setiap siklus dilakukan refleksi untukperbaikan pada pertemuan selanjutnya. Perbaikan dilihat dari tes hasilbelajar kognitif siswa pada setiap siklus dengan soal pilihan gandaberjumlah 10 soal setiap pertemuannya. Hasil penelitian yang didapatadalah bahwa terdapat peningkatan pada setiap pertemuan dengannilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 59, 68, dan 78 secaraberturut-turut. Hal ini menunjukkan bahwa Model PBL dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas x  pada mata pelajaran Informatika di SMA Negeri 1 Jagoi Babang.

Keywords


Kemampuan kognitif; Informatika; PBL

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.(2008).Manajemen Penelitian.Jakarta : RINEKA CIPTA

Heller, K & P. Heller.(2010). Cooperative Problem Solving in Physics A User’s Manual.

[Online]. Tersedia: http://www.aapt.org/Conferences/newfaculty/upload/Coop-ProblemSolving-Guide.pdf

Ibrahim dan Nur.(2000). model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem BasedLearning). http://setyoexoatm.blogspot.com/2010/06/problem-basedlearning.html

Muchamad Afcariono. (2009). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. (http://jurnaljpi.wordpress.com/2009/01/01/muchamad-afcariono/)

Ratnaningdyah, Dwi. (2016). Upaya Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Fisika dengan Model Cooperative Problem Solving (CPS).Prosiding Seminar NasionalPendidikan 2016 dengan Tema “Membangun Bangsa Melalui PendidikanDalam Menghadapi MEA” ISBN: 978-602-74918-0-9

______. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats