Prototype Smart Life Jacket Berbasis Teknologi Long Range Wireless Data Telemetry

Ikram Anas(1*), Muh. Yusuf Mappeasse(2), Muliadi Muliadi(3), Satria Gunawan Zain(4), Jumadi M. Parenreng(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah prototype pelampung cerdas serta mengetahui hasil dari pengujiannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) yaitu sebuah proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Menggunakan prosedur pengembangan PPE (Pre Production, Production dan Post Production). Penelitian ini dilakukan untuk membuat protype pelampung yang dapat mengirimkan koordinat sekaligus untuk mengetahui hasil pengujian functionality pada prototype serta untuk mengetahi jarak jangkau pada prototype, akurasi gps serta penggunaan daya yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan sebuah solusi untuk melakukan evakuasi korban kecelakaan laut. Produk yang dihasilkan adalah sebuah pelampung dengan perangkat yang dapat dideteksi titik koordinatnya apabila pelampung dikenakan oleh korban. Titik koordinat didapatkan dari GPS yang terpasang pada pelampung dan dikirim menggunakan modul LoRa. Titik koordinat pelampung dapat terdeteksi dari jarak rata-rata 1,05 kilometer dengan toleransi akurasi GPS sebesar 5,33 meter.


Keywords


Pelampung Cerdas; Koordinat; GPS; Transmitter; Receiver; LoRa

Full Text:

PDF

References


Z. and W. Anwar, “Miskin Di Laut Yang Kaya : Nelayan Indonesia,” Sosioreligius, vol. 5, no. 1, 2019.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi, “Data Investigasi Kecelakaan Pelayaran Tahun 2010-2016,” Media Release KNKT, vol. 2016, no. November, pp. 16–17, 2016.

K. Nasional and K. Transportasi, “STATUS LAPORAN Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ ),” no. November, 2018.

A. H. Jannah, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas Samata Kabupaten Gowa,” Jptik, vol. 1, no. 3, pp. 28–31, 2022.

R. G. Wisduanto, A. Bhawiyuga, and D. P. Kartikasari, “Implementasi Sistem Akuisisi Data Sensor Pertanian Menggunakan,” Jptik, vol. 3, no. 3, pp. 2201–2207, 2019.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats