Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Jurusan Multimedia

Wiwik Sutami(1*), Sanatang Sanatang(2), Haripuddin Haripuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil uji kelayakan modul elektronik pada mata pelajaran animasi  2 dimensi dan 3 dimensi kelas XI jurusan multimedia SMK Negeri 8 Majene, (2) Mengetahui kepraktisan pengembangan modul elektronik pada mata pelajaran animasi  2 dimensi dan 3 dimensi kelas XI jurusan multimedia SMK Negeri 8 Majene, dan (3) Mengetahui keefektifan pengembangan modul elektronik pada mata pelajaran animasi  2 dimensi dan 3 dimensi kelas XI jurusan multimedia SMK Negeri 8 Majene. Jenis penelitian yang digunakan  adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)), model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implemenmtasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian pengembangan modul elektronik pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi jurusan multimedia SMK Negeri 8 Majene dilakukan dengan jumlah subjek uji coba 30 siswa. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan modul elektronik pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi memperoleh rata-rata penilaian dengan kategori sangat layak dari ahli materi dan ahli modul. Kedua, modul elektronik pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi jurusan Multimedia SMK Negeri 8 Majene memperoleh rata-rata penilaian dengan kategori sangat praktis. Ketiga, modul elektronik pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi jurusan Multimedia SMK Negeri 8 Majene memperoleh rata-rata penilaian dengan kategori sangat efektif.

Keywords


Modul Elektronik; Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi; ADDIE

Full Text:

PDF

References


L. P. Diantari, “Pengembangan e-modul berbasis mastery learning untuk mata pelajaran KPPI kelas XI,” J. Nas. Pendidik., 2018.

L. Mustari, Suhartono, and A. Riski, “Pengembangan modul pembelajaran sistem operasi berbasis jaringan pada program studi Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar,” Inf. Technol. Educ. J., 2020.

sugeng A. Karim, J. M. Parenreng, and A. Hafizh, “Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer di Prodi PTIK UNM,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 1, 2022.

Suhartono, S. G. Zain, and U. Tahirah Y, “Pengembangan Modul Pembelajaran Analisis Desain Sistem Informasi Berbasis Case Method Team Work Based pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 3, 2022.


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats