Pengembangan Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling (BK) Berbasis Web di UPT SMK Negeri 2 Bulukumba

Nurul Adnin Usman(1*), Muhammad Yahya(2), Fathahillah Fathahillah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan dan menguji Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling (BK) Berbasis Web di UPT SMK Negeri 2 Bulukumba. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prototype. Prosedur pengembangan terdiri dari 7 langkah yaitu analisis dan pengumpulan data sistem, membangun prototyping, evaluasi prototyping, pengkodean sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan menggunakan sistem. Data hasil penelitian diperoleh melalaui teknik wawancara dan angket dengan memberikan kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan. Teknik analisis data yang diuji menggunakan standar pengujian ISO/IEC 25010 yang meliputi aspek Functional Suitability, Performance Efficiency, Reliability, Usability, Portability, Security, Maintainability dan Compatibility. Berdasarkan hasil penelitian maka dihasilkan sebuah Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling (BK) Berbasis Web di UPT SMK Negeri 2 Bulukumba. Pengujian menggunakan standar ISO/IEC 25010 memperoleh hasil yaitu aspek Functional Suitability sebesar 1 atau 100% (Valid), aspek Performa Efficiency menghasilkan rata-rata Page Speed sebesar 100% dengan waktu load 0,512 detik, aspek Reliability dengan hasil persentase 100%, aspek Usability menghasilkan rata-rata 91,6% dengan kategori sangat baik, aspek Security berada pada tingkat keamanan  B+, aspek Portability dengan hasil dapat berjalan dengan baik diberbagai macam sistem operasi dan browser, dan aspek Maintainability telah memenuhi aspek yang ditentukan yaitu instrumentation, consistency, dan simplicity. dan pada pengujian aspek compatibility dinyatakan sistem informasi BK telah memenuhi aspek compatibility  Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas perangkat lunak yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas perangkat lunak.


Keywords


Pengembangan; Sistem Informasi; BK; Web; ISO/IEC 25010

Full Text:

PDF

References


Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D edisi revisi. Bandung, 2021.

A. I. Waworuntu, A. Imran, and S. G. Zain, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Google Workspace Di SMA PERGIS YAPKI Maros,” INTEC J. Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 3, pp. 11–16, 2022.

M. S. Lamada, A. S. Miru, and R.- Amalia, “Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010,” J. Mediat., vol. 3, no. 3, 2020, doi: 10.26858/jmtik.v3i3.15172.

Rikanita, “Pengembangan sistem informasi sekolah berbasis website di SMK Negeri 1 Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2017.

A. Fattah and J. M. Parenreng, “Pengembangan Sistem Informasi Milik Desa ( BUMDes ) Di Desa Baru , Polewali Mandar,” INTEC J. Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 3, pp. 17–22, 2022.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats