Pengaruh Pemanfaatan Learning Management System Syam-Ok Terhadap Tingkat Kepuasan Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Di Prodi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan LMS SYAM-OK terhadap prestasi belajar mahasiswa PTIK UNM dengan tingkat kepuasan sebagai variabel intervening. Prestasi belajar dilihat dari nilai indeks prestasi sementara periode semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PTIK UNM Angkatan 2018, 2019 dan 2020 sebanyak 676. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 233 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh pemanfaatan LMS SYAM-OK di Prodi PTIK berada pada kategori sedang yaitu dengan frekuensi mahasiswa 160 (69%) dan 66 mahasiswa dalam kategori sedang (28%) dan Tingkat kepuasan mahasiswa berdasarkan EUCS berada pada kategori puas dengan tingkat frekuensi 160 mahasiswa (69%) dan 20% berada pada kategori sangat puas dan 11% berada pada kategori tidak puas sedangkan untuk Prestasi belajar berada pada kategori Pujian dengan tingkat frekuensi 179 mahasiswa (77%) dan 54% berada pada kategori sangat Memuaskan kemudian berdasarkan hasil uji analisis jalur didapatkan 1) pemanfaatan LMS SYAM-OK terhadap tingkat kepuasan dengan nilai standardized regression weights sebesar 0,630 dan critical ratio sebesar 12,369 dan nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. 2) Pemanfaatan LMS SYAM-OK terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai standardized regression weights sebesar 0,244 dan critical ratio sebesar 2,949 dan nilai probabilitas sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05; 3) tingkat kepuasan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai standardized regression weights sebesar 0,232 dan critical ratio sebesar 2,807 dan nilai probabilitas sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05; 4) pemanfaatan learning management system SYAM-OK terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh tingkat kepuasan dengan nilai 0,630 x 0,244 = 0,153.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Nani. (2016). Model Keberhasilan Belajar Mahasiswa Menggunakan Learning Management System (Studi Kasus Mahasiswa Bina Sarana Informatika). Jurnal Universitas Bina Sarana Informatika, vol 4, no.2.
Andayani, D. D., Fathahillah, F. & Abdal, N.M., (2020). Penerapan E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ayu, N. L. & Andayani S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), Vol 4. No 1, 52-53.
Doll, W. J., and Torkzadeh, G. (1988). The measurement of end-user computing satisfaction. MIS Quarterly.Vol. 12, Issue 6, pp. 259-274
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.N. Sudjana, “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.” 1989.
Husain Syam. (2020). No Title. https://lms.syam-ok.unm.ac.id/
Larasati, N. Y. & Andayani, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), Vol 04 No. 01
Purwandani, Indah. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna Elearning dengan Menggunakan End User Computing (EUC) Satisfaction Studi Kasus: Akademi Bina Sarana Informatika. Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT).
Haris Hasnawi, dkk. (2021). Panduan Penggunaan SYAM-OK(Untuk Mahasiswa). Makassar: Badan Penerbit UNM.
Wijaya, I. G. N. S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017, 558–562.
Article Metrics
Abstract view : 101 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by:
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: 082191045293
Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id