Pengembangan Media Evaluasi Guru Oleh Siswa Berbasis Ispring Suite 10 Pada Kompetensi Keahlian TKJ

Mustari S. Lamada(1*), Shabrina Shynta Dewi(2), Muhammad Faizal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan media evaluasi guru oleh siswa berbasisi ispring suite 10 pada kompetensi kehalian TKJ di SMK Negeri 10 Makassar serta mengetahui kevalidan, kepraktisan dan evektifitas media. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, desain, development, implementation dan evaluation. Hasil dari pengembangan penelitian ini adalah media evaluasi guru oleh  siswa berbasis ispring suite  10 pada kompetensi keahlian TKJ di SMK Negeri 10 Makassar yang menunjukkan; (1) uji ahli media/sistem berada pada kualifikasi sangat valid (86,4%), (2) uji ahli materi/konten berada pada kualifikasi sangat valid (93,3%), (3) respon guru berada pada kualifikasi sangat efektif (96%), (4) respon peserta didik berada pada kualifikasi (94,5%). Disimpulkan bahwa media evaluasi guru oleh siswa berbasisi ispring suite 10 pada kompetensi kehalian TKJ di SMK Negeri 10 Makassar valid, praktis dan efektif untuk digunakan.


Keywords


Pengembangan Media; Evaluasi Guru; Ispring Suite

Full Text:

PDF

References


A Hasibuan, Zainal; Harry, B. S. (2005). Standardisasi aplikasi e-government untuk instansi pemerintah. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia, May 2005, 42–48.

Ardiansyah, F. Y. N. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. 1(3), 5–10.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Ety Nur Inah. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru : sebuah kajian pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44–63.

Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219.

Kemdikbud. (2016). Permendikbud No. 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud, 1–18.

Labusab. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kejuruan melalui Contextual Teaching and Learning di Makassar. 1(2), 69–72.

Parangi, G., Ahmad, R., & Parasaja, N. (2022). Jurnal JBES: 51–59.

Sugiyono. (2006). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta : Bandung, 2006, hal. 3. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 22–29.

UUD RI No. 20. (2003). Presiden republik indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1, 1–5.


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats