Pengembangan Modul Inspiring Leadership Training (SPIRIT) Sebagai Bahan Ajar Program Latihan Dasar Kepemimpinan Tingkat Mahasiswa

Mustari S. Lamada(1*), Muliadi Muliadi(2), Andi Nurfadila(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas, kepraktisan, dan keefektivan pengembangan modul Inspiring Leadership Training (SPIRIT) Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui lembar uji validasi, angket respon mahasiswa, dan instrumen penilaian hasil penggunaan modul. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Inspiring Leadership Training (SPIRIT)  Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM, berada pada nilai sebesar 97% oleh validasi ahli materi dan 95% oleh validasi ahli media dengan kategori sangat valid. Modul Inspiring Leadership Training (SPIRIT)  dinyatakan praktis dari hasil analisi respon mahasiswa dengan nilai 83,37% dengan kategori sangat praktis, dan dinyatakan efektif karena ditinjau dari hasil penggunaan mahasiswa mencapai rata-rata 80% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan modul Inspiring Leadership Training (SPIRIT) diterima untuk digunakan sebagai media dalam pelaksanaan SPIRIT Himpunan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.


Keywords


Inspiring Leadership Training (SPIRIT), ModulInspiring Leadership Training (SPIRIT); Modul

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar). Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Destiani (2020). Peningkatan Motivasi Dan Kompetensi Latihan Dasar Kepemimpinan Melalui Pendekatan Edutainment Dengan Metode Outbound Pada Mahasiswa/I Semester 1 Dan 2 Prodi Sekretari D-III Universitas Pamulang.Jurnal sekretaris universitas pemulang vol 7 no 2.

Eka Putra Ramdhani, Fitriah Khoirunnisa, dan Nur Asti Nadiah Siregar. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, Vol. 6 No. 1.

Gitoasmoro. (2015). Realisasi Wajib Belajar Pendidikan Dasar. Pendidikan Dasar.

Mahadiraja dan Syamsuarnis. (2020). Pengembangan Modul pelatihan Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 06(01), 77–82.

Mustari. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman Web Berbasis Proyek pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Sugiyono, M. (2015). Penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Triagarajan Sivasailam. et al. (1974). Instructional Develompent for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indianan University Bloomington.


Article Metrics

Abstract view : 162 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats