Pengembangan Virtual Tour Tempat Wisata di Makassar Menggunakan Teknologi Virtual Reality

Ahmad Nizar Musagani(1*), Yunus Tjandy(2), Dyah Vitalocca(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi sistem informasi berbasis virtual dengan menggunakan gambar 360 derajat yang ada di Kota Makassar menggunakan teknologi Virtual Reality. Aplikasi berbasis mobile yang dapat memberikan informasi mengenai objek wisata dalam bentuk virtual seolah olah kita berada di lokasi wisata yang dipilih. Aplikasi ini akan memudahkan dan memberi informasi suasana lokasi wisata para wisatawan atau masyarakat umum yang ingin berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Kota Makassar atau hanya sekedar berkunjung secara virtual. Dalam aplikasi ini, pengguna bisa melihat keadaan tempat wisata alam di 12 spot tempat wisata yakni Benteng Rotterdam, Benteng Somba Opu, Lantebung, Mesjid Kubah 99, Monumen Mandala, Museum Kota Makassar, Pulau Bara Caddi, Pulau Kayangan, Pulau Kodingareng, Pulau Samalona, Pantai Akkarena, Pantai Losari, Pelabuhan Paotera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototipe yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: use case, actifity diagram, flowchart dan perancangan antar muka atau interface. Hasil dari penelitian ini adalah 1) aplikasi sistem informasi virtual tour di Kota Makassar menggunakan android yang dapat memberikan informasi kepada pengguna dalam bentuk virtual sehingga pengguna seolah olah berada di lokasi wisata. 2) Bentuk penyajian informasi untuk lokasi wisata di Kota Makassar yang mengimplementasikan Virtual Reality (VR) pada perangkat android. 3) Hasil pengujian berdasarkan standar kualitas perangkat ISO 25010 diperoleh hasil: a) Aspek functionality Suitability berada pada kategori dapat diterima, b) aspek performance efficiency aplikasi berjalan dengan baik, c) aspek compatibility pada kategori terpenuhi. d) aspek portability pada kategori baik. 4)Aplikasi mendapatkan tanggapan yang sangat baik oleh pengguna berdasarkan pengujian perangkat lunak menggunakan ISO 25010 pada aspek usability.


Keywords


Virtual Tour; Virtual Reality; Android; ISO 25010

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, A. (2021). Membangun SDM Tangguh di Tengah Gelombang. Insan Cendekia Mandiri.

Dhifa Nabila. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Intelegensia Media.

Google. (2019). Google Cardboard. Google. https://vr.google.com/cardboard/

Mainthebest. (2019). Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Ambient Light, Digital Compass. mainthebest.com

Roedavan, R. (2016). Unity Tutorial Game Engine Revisi Edisi. Informatika.

Sri Mulyani. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistemika.

Yudhanto, Yudha; Wijayanto, A. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. PT Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 224 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats