Pengembangan Sistem Informasi Milik Desa (BUMDes) Di Desa Baru, Polewali Mandar

Abd. Fattah(1*), Massikki Massikki(2), Jumadi Mabe Parenreng(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengembangan Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa di Desa Baru, Polewali Mandar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Massikki dan Jumadi Mabe Parenreng). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan pengembangan Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa di Desa Baru, Polewali Mandar, (2)  mengetahui hasil pengujian Sistem Informasi Badan Usaha Milik Desa di Desa Baru, Polewali Mandar menggunakan  ISO/IEC 25010. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dan model pengembangan prototype melalui tahap pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, pengkodean sistem, menguji sistem, evaluasi sistem dan menggunakan sistem. Sistem yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang ahli sistem. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dokumentasi, dan angket. Selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis statsitik deskriptif. Hasil pengembangan membuktikan bahwa sistem informasi Badan Usaha Milik Desa di Desa Baru, Polewali Mandar layak digunakan karena telah memenuhi pengujian instrumen melalui validator sistem, serta telah memenuhi standar pengujian ISO/IEC 25010 dengan hasil pengujian aspek functionality suitability bernilai 100% atau kategori “Sangat Layak”. Pengujian performance efficiency level B dengan hasil pengujian 82% berada pada kategori “Layak”. Pengujian usability dengan skor 90,13% berada pada kategori “Sangat Layak”. Pengujian security tingkat kerentanan berada pada level 1 “Low Risk Alert” berada pada kategori “Baik”. Pengujian compatibility dengan skor 62 berada pada kategori “Layak”. Pengujian Portability menggunakan 4 browser berada pada kategori “Sangat Baik”.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, S., & Hurnaningsih, H. (2019). Analisis Kualitas dan Penerapan Software Quality Assurance pada Website Lembaga Kursus Menggunakan Model ISO 9126. Prosiding SeNTIK STI&K, 3(1), 203–210.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

Jayanto, R. D. (2017). Evaluasi Kualitas Aplikasi Mobile Kamus Istilah Jaringan Pada Platform Android Dengan Standar Iso/Iec 25010. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 178–182. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17311

Nurajizah, S. (2015). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis WEB dengan Metode Prototype: Studi Kasus Sekolah Islam Gema Nurani Bekasi. American Journal of Roentgenology, 179(6), 1643–1644.

Riska Dami Ristanto, Kurniawati, A. D. dan N. (2020). Analisis Software Product Quality ISO / IEC 25010 pada Pengembangan Tes. Edu Komputika Journal, 7(2), 49–60.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats