Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Menggunakan Autocad Melalui Penerapan Model STAD Berbasis Portopolio Siswa Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan
(1) SMK Negeri Paku
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung melalui penerapan model pembelajaran STAD berbasis portopolio pada siswa kelas XI Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri Paku. Subjek penelitian ini adalah satu kelas yaitu siswa kelas XI SMK Negeri Paku sebanyak 22 siswa dan yang dijadikan sampel sebanyak 16 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari lima tahap, yaitu tahap permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD berbasis fortofolio dapat meningkatkan hasil belajar konstruksi dan utilitas gedung khususnya pokok bahasan Menggambar denah, tampak, potongan gedung dan detail pondasi dan sloof.. Hal ini terbukti dari hasil analisis deskriptif pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dan pada siklus II menunjukkan hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Menggambar denah, tampak, potongan gedung dan detail pondasi dan sloof. dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00 persen. Hasil observasi juga menunjukkan adanya perubahan positip baik dari perilaku, sikap maupun keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learning. Lawrence Erlbaum Associates, New Jersey.
Cynthia, Y., N. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 5 (2), 116-126.
Dasim, Budimasyah, (2003), model pembelajaran portofolio, Bandung:Ganesindo.
Gunawan (2011). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMAN 18 Bandung (Studi kasus tentang pokok bahasan Jurnal Umum Kelas XI IPS 2). Universitas Pasundan Bandung: Tidak diterbitkan
Permendiknas RI No. 40 Tahuan 2018, Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK), (diakses tanggal 1 Agustus 2022)
Rinawati. (2002). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pokok Bahasan Kalor. Skripsi. UPI Bandung. Tidak diterbitkan
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperativ Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Surapranata dan Muhammad Hatta. (2006). Penilaian Portofolio. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Syafaruddin. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia; Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: BPFE.
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Article Metrics
Abstract view : 76 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by:
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: 082191045293
Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id