Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kejuruan melalui Contextual Teaching and Learning di Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
R. Fernandes, “Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0,” soc, vol. 6, no. 2, pp. 70–80, Dec. 2019, doi: 10.24036/scs.v6i2.157.
R. L. Gaol and E. J. Simarmata, “EFEKTIVITAS BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR BERBASIS BUDAYA LOKAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA,” Jurnal Guru Kita, vol. 3, no. 4, pp. 342–348, 2019.
E. D. P. Latipah and E. A. Afriansyah, “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME,” Jurnal Matematika, vol. 17, no. 1, pp. 1–12, Aug. 2018, doi: 10.29313/jmtm.v17i1.3691.
D. T. Yolanda, P. Lubis, and S. Sugiarti, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA,” luminous, vol. 1, no. 1, pp. 27–36, Jan. 2020, doi: 10.31851/luminous.v1i1.3444.
A. H. Septiani, M. Bernard, and G. Kadarisma, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS XI,” JPMI, vol. 5, no. 3, pp. 789–796, 2022, doi: 10.22460/jpmi.v5i3.789-796.
C. N. Widiyati, “Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV,” Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 84–93, 2022.
A. Mahardhika, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR,” in Prosiding Seminar Nasional PGSD, Apr. 2019, pp. 7–11.
K. Kusmiadi, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Sumber Energi melalui Penerapan Metode Kontekstual,” JOES, vol. 3, no. 1, pp. 1–13, Jun. 2020, doi: 10.31539/joes.v3i1.1306.
E. H. Andriansyah, “Mengembangkan Sikap Positif dan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Demonstrasi atau Field Trip,” pedagogia, vol. 9, no. 1, pp. 81–89, Mar. 2020, doi: 10.21070/pedagogia.v9i1.270.
S. Kurniawati, S. C. Putro, and M. Z. Arifin, “Perbedaan Pemahaman Konsep Pemrograman dengan Penerapan CTL dan PBL Berbantuan Classroom Blogging pada Siswa SMK,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 3, no. 6, pp. 700–707.
Article Metrics
Abstract view : 169 times | PDF view : 55 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by:
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: 082191045293
Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id