Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kejuruan melalui Contextual Teaching and Learning di Makassar

Labusab Labusab(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Oleh karena itu, pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat bangsa Indonesia. Untuk mencapainya, pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman Rendahnya perolehan rata-rata hasil belajar siswa, salah satunya disebabkan oleh metode mengajar yang diterapkan guru yang hanya menggunakan metode ceramah, diskusi informasi, karena metode mengajar mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahan masing-masing maka keberhasilan belajar bergantung pada ketepatan pemilihan metode dalam arti kesesuaian antara tujuan pokok dengan metode, situasi dan kondisi serta kepribadian guru yang mengajarkan materi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap pelaksanaannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Makassar dengan subyek penelitian siswa kelas X teknik permesinan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2021/2022. Dengan demikian, penerapan pembelajaran CTL dapat mengubah sikap dan perilaku siswa  yang sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar. Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Oleh karena itu, pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat bangsa Indonesia. Untuk mencapainya, pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman Rendahnya perolehan rata-rata hasil belajar siswa, salah satunya disebabkan oleh metode mengajar yang diterapkan guru yang hanya menggunakan metode ceramah, diskusi informasi, karena metode mengajar mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahan masing-masing maka keberhasilan belajar bergantung pada ketepatan pemilihan metode dalam arti kesesuaian antara tujuan pokok dengan metode, situasi dan kondisi serta kepribadian guru yang mengajarkan materi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap pelaksanaannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Makassar dengan subyek penelitian siswa kelas X teknik permesinan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2021/2022. Dengan demikian, penerapan pembelajaran CTL dapat mengubah sikap dan perilaku siswa  yang sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Kompetensi Kejuruan pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar.

Full Text:

PDF

References


R. Fernandes, “Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0,” soc, vol. 6, no. 2, pp. 70–80, Dec. 2019, doi: 10.24036/scs.v6i2.157.

R. L. Gaol and E. J. Simarmata, “EFEKTIVITAS BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR BERBASIS BUDAYA LOKAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA,” Jurnal Guru Kita, vol. 3, no. 4, pp. 342–348, 2019.

E. D. P. Latipah and E. A. Afriansyah, “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME,” Jurnal Matematika, vol. 17, no. 1, pp. 1–12, Aug. 2018, doi: 10.29313/jmtm.v17i1.3691.

D. T. Yolanda, P. Lubis, and S. Sugiarti, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA,” luminous, vol. 1, no. 1, pp. 27–36, Jan. 2020, doi: 10.31851/luminous.v1i1.3444.

A. H. Septiani, M. Bernard, and G. Kadarisma, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS XI,” JPMI, vol. 5, no. 3, pp. 789–796, 2022, doi: 10.22460/jpmi.v5i3.789-796.

C. N. Widiyati, “Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Sifat-Sifat Bunyi Melalui Model CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV,” Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 84–93, 2022.

A. Mahardhika, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR,” in Prosiding Seminar Nasional PGSD, Apr. 2019, pp. 7–11.

K. Kusmiadi, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Sumber Energi melalui Penerapan Metode Kontekstual,” JOES, vol. 3, no. 1, pp. 1–13, Jun. 2020, doi: 10.31539/joes.v3i1.1306.

E. H. Andriansyah, “Mengembangkan Sikap Positif dan Pemahaman Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Demonstrasi atau Field Trip,” pedagogia, vol. 9, no. 1, pp. 81–89, Mar. 2020, doi: 10.21070/pedagogia.v9i1.270.

S. Kurniawati, S. C. Putro, and M. Z. Arifin, “Perbedaan Pemahaman Konsep Pemrograman dengan Penerapan CTL dan PBL Berbantuan Classroom Blogging pada Siswa SMK,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 3, no. 6, pp. 700–707.


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats