Pengembangan Early Respond Sistem Peminjaman Alat Dan Bahan Di Laboratorium Teknik Komputer Berbasis Android

Wahyu Adi Saputra(1*), Zulhajji Zulhajji(2), Satria Gunawan Zain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi peminjaman alat dan bahan berbasis android yang dapat memudahkan operator laboratorium dalam mengolah data secara efektif dan mengetahui tanggapan pengguna terhadap aplikasi peminjaman alat dan bahan berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode penelitian software development dengan menggunakan model pengembangan Prototype. Prosedur pengembangan memuat 7 tahapan yaitu, pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan menggunakan sistem. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini melibatkan dua ahli instrumen dan ahli sistem untuk menilai kelayakan aplikasi. Analisis data yang digunakan berdasarkan pengujian yang sesuai dengan standar ISO 25010. Hasil penelitian ini berupa aplikasi peminjaman alat dan bahan berbasis android yang telah divalidasi oleh validator dan telah diuji dengan menggunakan standar ISO 25010. Hasil pengujian pada aspek functional suitability berada pada kategori dapat diterima berdasarkan hasil pengujian oleh dua validator ahli sistem, aspek performance efficiency telah terpenuhi berdasarkan tiga aspek pengujian, aspek usabilitiy berada pada kategori sangat baik berdasarkan hasil dari tanggapan responden dan aspek portability berada pada kategori dapat diterima berdasarkan dari dua indikator pengujian. Berdasarkan hasil tersebut, aplikasi peminjaman alat dan bahan berbasis android layak digunakan dan dapat memudahkan pengolahan data oleh operator laboratorium sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.


Full Text:

PDF

References


A Ben David. (2011). Mobile Application Testing.

Abdurahman, H., & Riswaya, A. R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha BHakti. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha BHakti, 8(2), 61–69.

Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar sistem informasi.

Aritonang, E. M., & Satyaputra, A. (2014). Beginning Android Programming with ADT Bundle. Jakarta: Penerbit PT Elex Media

Ayu, B. A. (2019). Efektivitas penggunaan software corel draw dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa smp nurul hasanah tembung

Fowler, M. (2004). UML distilled: a brief guide to the standard object modeling language.

Haqi, B., Kom, M., & Setiawan, H. S. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader.

Iso, I. S. O. (2011). … : 2011 systems and software engineering–systems and software quality requirements and evaluation (square)–system and software quality models. In International Organization for Standardization.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa perangkat lunak. repo.unikadelasalle.ac.id.

Sugiyono, P. D. (2020). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d.


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats