Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kinerja Guru pada Keterlaksanaan Pembelajaran Berbasis Dashboard di SMKN 3 Takalar

Nurafni Nurafni(1*), Yunus Tjandi(2), Muh. Yusuf Mappeasse(3), Iwan Suhardi(4), Muhammad Riska(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan sistem, hasil pelaporan kinerja, dan hasil pengujian kualitas sistem menggunakan ISO 9126. Proses pengembangan sistem menggunakan metode Scrum Agile Deveploment yang terdiri dari empat langkah aktifitas kerja yaitu product backlog, sprint backlog, aktifitas sprint dan increment. Sistem yang dikembangkan divalidasi oleh empat orang ahli yaitu dua orang ahli sistem dan dua orang ahli konten atau materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan dari sistem memberikan kemudahan bagi pihak sekolah dalam melakukan serangkaian aktifitas pengolahan data berupa proses penilaian kinerja, pembuatan pelaporan, pengecekan dokumen, dan menghasilkan penyajian informasi pelaporan yang dapat diakses dengan cepat. Kemudian hasil pelaporan periode tahun 2020/2021 untuk kinerja guru diperoleh penilaian dengan konversi yang menunjukkan pada kategori “Amat Baik”. Sedangkan untuk hasil penilaian administrasi guru dalam setahun ajaran pada semester ganjil diperoleh persentase jumlah guru 78% dengan pencapaian kategori “Sangat Baik” dan 22% dengan pencapaian kategori “Baik”. Pada semester genap diperoleh persentase jumlah guru 65% dengan pencapaian kategori “Sangat Baik” dan 35% dengan pencapaian kategori “Baik”. Hasil pengujian kualitas perangkat lunak membuktikan bahwa sistem informasi pelaporan kinerja guru pada keterlaksanaan pembelajaran telah memenuhi standar pengujian ISO 9126 dengan hasil pengujian kelayakan untuk karakteristik functionality dengan kategori pencapaian “Layak”. Pengujian kepuasan untuk karakteristik usability dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”. Pengujian kualitas untuk karakteristik reliability dengan kategori pencapaian telah memenuhi standar pengujian Telcordia. Pengujian kualitas untuk karakteristik efficiency dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”. Pengujian kualitas untuk karakteristik maintainability dengan kategori pencapaian telah memenuhi tiga standar pengujian Land. Pengujian kualitas untuk karakteristik portability dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”.


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, S., & Hurnaningsih. (2019). Analisis Analisis Kualitas dan Penerapan Software Quality Assurance pada Website Lembaga Kursus menggunakan Model ISO 9126. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), 3(1), 203–210.

Anhar, T., Rusdianto, D.S., & Nurwarsito, H. (2015). Pembangunan Sistem Pengelolaan Restoran Terintegrasi dengan Pengujian Kualitas Berbasis ISO 9126.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asthana, A., & Olivieri, J. (2009). Quantifying Software Reliability and Readiness. Naples, Westford: IEEE, Pp., 1–6.

Darmini, S.R. (2009). Pemanfaatam Teknologi Informasi dan Pengaruhnya pada Kinerja Individual pada Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 1–15.

Guritno, S., Sudaryono, & Rahardja, U. (2011). Theory and Application of IT Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Land, R. (2002). Measurements of Software Maintainability. Proceedings of The 4th ARTES Graduate Student Conference, SE-721.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, T.N. (2016). Analisis Kualitas dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web menggunakan Standard ISO 9126. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 1(1).

Vitalocca, D., Rahman, E.S., & Uleng, A.P. (2018). Perancangan Sistem Informasi Data Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar Berbasis Web. Jurnal Mekom, 5(1), 32–44.

Yasin, V. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Yulianto, A.A., Gartina, I., Astuti, R., Dewi, S., Sari, S.K., & Witanti, W. (2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Bandung: Politeknik Telkom.


Article Metrics

Abstract view : 277 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats