Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Makassar Melalui Media Lingkungan Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar

Kembong Daeng(1*), Sakina Fitri(2), Nurul Amaliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v3i2.51810

Abstract


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Makassar melalui media lingkungan siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Makassar melalui media lingkungan siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik ter tulis. Teknik analisis data yaitu (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dan skor rata-rata, (3) membuat table klasifikasi kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 1 Sanrobone Kabupaten Takalar belum mencapai standar pencapaian yang direncanakan 75% dengan kriteria ketuntasa minimal (75 KKM) berdasarkan hasil penelitian terdapat 8 siswa mampu memperoleh nilai ≥75. Berdasarkan kriteria penilaian tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan berada pada taraf tidak cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh dengan nilai ketuntasan minimal (KKM) terdapat 8 orang dengan persentase 28% dan yang memperoleh nilai di bawah KKM terdapat 21 orang siswa dengan persentase 72%.

 

Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Teks Deskripsi, Siswa.


Full Text:

PDF

References


Aziz, S. A., & Taba, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Cerita Pendek Melalui Penerapan Metode PartisipatorisSiswa VII F SMPN 3 Makassar. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4 (2), 392-348.

Agustina, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5 (1), 78-90.

Achmad, H. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Bahasa Inggris di SMAN 3 Mataram. Jurnal Penddikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Perpustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 41-47.

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metologi Penelitian Kualitatif: Edisi 1. Airlangga University Press.

Akhadiah Sabarti, dkk. 2010. Pembinaan Kemampuan: Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwi, Hasan, dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Media Model Assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.

Daeng, Kembong & Syamsuddin, Bahtiar. 2014. Bahan Ajar Makassar Makassar: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Daeng, Kembong. 2016. Pappilajarang Basa Siagang Sasetera Mangkasarak Jilid 7.

Daeng, Kembong & Syamsuddin, Bahtiar. 2005. Sintaksis Bahasa Makassar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Enre, Facruddin Ambo dkk. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang.

Irmawati, I. (2018). Kemampuan Menulis Puisi Bugis dengan Menggunakan Media Lingkungan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Mustafa, D. A. I (2016, Agust). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerita Berbasis Pendekatan Proses Bagi Siswa SMP. In Proseding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013).Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Sekolah Dasar. Basastra, 1 (2), 318-327.

Munirah. 2011. Dasar Keterampilan Menulis. (diktat). Makassar.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Permadi, T. (2006). Teks, Tekstologi, dan Kritik Teks. Bandung: Univesitas Pendidikan Indo-nesia.

Rahman, F. 92017). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMPN Negeri 18 Makassar Menulis Rupama Menggunakan Media Gambar (Doctoral dissertation, FBS).

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.

Saputri, V. (2017). Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Model Mind Mapping Kelas VII-2 SMP Negeri 21 Batanghari Tahun Ajaran 2017/2018.

Syamsuddin, Damaianti. 2006. Metode Penelitian Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zubaidah, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Menulis Ceita Anak Melalui Strategi Menulis Terbimbing. LITERA, 14(1).


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.