Tindak Tutur Asertif Penjual dan Pembeli di Pasar Sungguminasa Kabupaten Gowa

Atsilah Khashibah Azul(1*), Asia M(2), Nurhusna Nurhusna(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v3i2.51807

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan strategi tindak tutur asertif yang terjadi di Pasar Sunggumina Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data lisan berupa kata atau kalimat  yang mengandung tuturan asertif bahasa Makassar dan bahasa Indonesia yang bersumber dari narasumber dari penjual dan pembeli di Pasar Sungguminasa Kabupaten Gowa yang diambil saat proses percakapan antara penjual dan pembeli pada saat interaksi jual beli berlangsung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik rekam, teknik analisis data,dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat delapan bentuk tuturan asertif pada penjual dan pembeli di Pasar Sungguminasa yaitu  menyatakan, memberitahukan, menyarankan, membanggakan, mengeluh, menuntut, melaporkan,  menunjukkan. Adapun strategi tuturan yang digunakan oleh Penjual dan Pembeli, yaitu tindak tutur langsung harfiah, tindak tutur langsung tidak harfiah, tindak tutur tidak langsung harfiah, tindak tutur tidak langsung tidak harfiah.

 

Kata Kunci: tindak tutur, asertif, interaksi jual beli


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2018). Analisis Tindak Tutur pada wawancara putra nababan dan presiden portugal (kajian pragmatik). SeBaSa, 1(1), 27-38.

Anggraini, N. (2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi dan Ilokusi Pedagang dan Pembeli di Pasar Sekip Ujung, Palembang. BIDAR: Jurnal Ilmiah Kebahasan & Kesastraan, 10(1), 73-87.

Apriyanti, L., Rusminto, N. E., & Sumarti, S. (2017). Tindak Tutur Asertif Penjual dan Pembeli di Pasar Tempel Rajabasa dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(2 Apr).

Cahyani, W. S. (2020). Tindak Tutur Asertif Dalam Novel Pergi Karya Tere Liye Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Kotabumi).

Fitria, R. (2018). Tindak Tutur dalam Transaksi Jual Beli Perlengkapan Wanita di Daring Instagram.

Harisah, S. (2021). Analisis Tindak Tutur Asertif Guru di SD Inpres Duyu. KINESIK, 8(2), 201-215.

Hariyanti, Y. D. (2018). Tindak Tutur Komisif Pedagang Asongan Dalam Menjajakan Dagangannya Di Terminal Jajag Kabupaten Banyuwangi.

Hisda, F. Y., & Widjajanti, A. (2016). Tindak Tutur Asertif dalam Peristiwa Tutur Jual Beli di Pasar Karangrejo Banyuwangi.

Indah, M. (2018). Tindak Tutur Ilokusi Bahasa Bugis dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Parigi Bone (Kajian Pragmatik) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Kristanto, A. B. (2019). Tindak Tutur Asertif dalam Interaksi Jual Beli Buah di Pasar Tanjung dan Pemanfaatannya sebagai Materi Pembelajaran Teks Negosiasi di SMA (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Mahtumah, R. (2021). Tindak Tutur Ekspresif Raditya Dika dalam Acara Stand Up Comedy di Sosial Media Youtube. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

Minarti, W. A., & Wijayanti, A. (2020). Tindak Tutur Asertif dan Formula Materi Ajar. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-12.

Megawati, E. (2016). Tindak tutur ilokusi pada interaksi jual beli di Pasar Induk Kramat Jati. Deiksis, 8(02), 157-171.

Pradita, S. R. (2015). Tindak Tutur Asertif dalam Acara “dr. Oz Indonesia” di Trans TV.

Santoso, A. P. (2017). Tindak Tutur Asertif Ustad Wijayanto dalam Peristiwa Tutur “Tanya Ustad Wijayanto” pada Acara Hitam Putih Trans7.

Sari, F. D. P. (2012). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara Galau Finite di Metro TV: Suatu kajian pragmatik. Jurnal Skriptorium, 1(2), 1-14.

Sugiharto, P. A. (2022). Tindak Tutur Pengasuh Dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar: Analisis Asertif. Lingua, 18(1), 51-57.

Sulistyo, E. T. (2013). Pragmatik suatu kajian awal.

Wiranty, W. (2015). Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 294-304.

Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). Daya pragmatik tindak tutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa sekolah menengah pertama. Basastra, 1(2), 280-293.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.