Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Kearifan Lokal dengan Memanfaatkan Platform Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Mudatsir Mudatsir(1*), Ratu Bulkis Ramli(2), Sri Hanifah(3),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Musamus
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Musamus
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Musamus
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.43660

Abstract


Memanfaatkan model pembelajaran berbasis proyek terhadap bersikap kritis didasarkan pada filosofi konstruktivisme sehingga memungkinkan mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mereka dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka melalui pengalaman dunia nyata. Salah satu inovasi di bidang pendidikan saat ini dalam merespon kemajuan teknologi adalah diperkenalkannya materi pembelajaran berbasis e-learning yang dianggap efektif dan menarik, terutama ketika hasil penilaian sudah tersedia untuk mengikuti ujian. Platform quizizz adalah aplikasi bergaya permainan yang membantu pendidik membuat materi dan penilaian selama pembelajaran di dalam kelas. Permasalahan yang digali dalam penelitian ini menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbasis kearifan lokal dengan menggunakan Quizizz untuk meningkatkan daya pikir kritis mahasiswa Universitas Musamus (Unmus), Merauke. Penelitian ini menggunakan dua kelas. Artinya, kelas A diperlakukan sebagai kelas eksperimen dan diberikan model pembelajaran proyek (PjBL) berbasis kearifan lokal dengan memanfaatkan platform Quizizz, dan kelas B diperlakukan sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh 235 mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Musamus yang terdiri dalam 9 kelas. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan menggunakan desain non-ekuivalen dengan kelompok eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan jenis sampel acak probabilistik sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest. Teknik ini digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yang dihitung berdasarkan rata-rata dari masing-masing kelompok. Uji hipotesis analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas data, sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen berdampak lebih besar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas control.

Full Text:

PDF

References


Daniel, F. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Heriawan, I. G. T., & Dewi, P. I. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz Di Kaum Pelajar Masa Kini. Jurnal Pusat Penjaminan Mutu, 2(2), 2746–7074.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 2. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jalaluddin, & Idi, A. (2020). Filsafat pendidikan : manusia, filsafat, dan pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Kamaruddin, I., Darmawati, L. E. S., Sudirman, & Handayani, E. S. (2022). Pengaruh Project Based Learning (PjBL) Dengan Strategi Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Dan Berpikir Kritis Siswa. Al-Mada: Jurnal …, 5(3), 265–276. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/almada/article/view/2562%0Ahttps://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/almada/article/download/2562/1005

Lik, Nurhikmayanti dan Aep Sunendar. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-12.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66 https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Rohdiana, Rustam, Rasdawita. 2022. Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan. Vol. 10 (2). 209-217/

Sari, L. K., Sunanih, S., & Saleh, Y. T. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 112–117.

Siboro, A., Debataraja, E., & Tafonao, D. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5182-5188.


Article Metrics

Abstract view : 363 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.