Keefektifan Model Generative Berbantu Gambar Seri dalam Pembelajaran Menulis Narasi di Sekolah Dasar

Suci Ramadhani M. Iskandar(1*), Muhammad Akhir(2), Ummu Khaltsum(3),

(1) Universitas Muhammadiyah
(2) Universitas Muhammadiyah
(3) Universitas Muhammadiyah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i2.43520

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefetifan model Generative berbantu gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Mattoangin II Kec.Mariso Kota Makassar yang ditinjau dari hasil belajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif atau eksperimen (Pre-eksperimen design) dengan desain one-group pretest-postest design. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh.Desain dari penelitian ini adalah quasiexperi mental design dengan bentuk nonequivalent control grup design.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji instrument, dan uji asumsi klasik regresi linear. Data analisis dengan menggunakan stastik deskriptif diketahui nilai rata-rata (mean) pretest pada kelas eksperimen adalah 67,25 sedangkan rata-rata (mean) pretest pada kelas kontrol adalah 63,21. Analisis deskriptif selanjutya yaitu nilai rata-rata (mean) posttest pada kelas eksperimen adalah 81,25 sedangkan rata-rata (mean) posttest pada kelas kontrol adalah 75. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Nilai thitung = 1.895 dan ttabel = 0,3291 maka diperoleh t Hitung > t Tabel atau 1.895 > 0,3291. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan model generative berbantu gambar seri dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa pada materi menulis narasi di kelas IV UPT SPF SD Negeri Mattoangin II Kec. Mariso Kota Makassar.

Kata Kunci :Hasil Belajar, Media Gambar Seri, Model Pembelajaran Generative.


Full Text:

PDF

References


Andepi. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi dengan Media Gambar Berseri di Kelas VII.2 SMP Negeri 21 Batanghari”. Skripsi. Jambi: FKIP Universitas Jambi

Anderman, Eric M. 2010. Reflections on Wittrock’s Generative Model Learning: AMotivation Perpective. Educational Psychologist.45(1). 55-60. The Ohio State University. http://elizabethrodriguez.pbworks.com/f/Motivational_Article_5-1.pdfdiaskes pada 07/01/2022.

Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta

Arikunto, Suharsimi. 2013a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.2013b. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta:Bumi Aksara.

Doyin, Mukh, Wagiran. 2011. Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Hamdani.2011. Strategi Belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Iskandar wasid, Dadang Sunendar. 2013. Strategi Pembelajaran Bahas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Munib, Achmad. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas NegeriSemarang Press

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja

Nurgiyaantoro, burhan. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ridwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rifa‟i, Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rusman.2011. Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: rajawali Pers.

Santoso. 2011.Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta:Universitas Terbuka.

Santoso, Werdi, Triyono, H.Setyo Budi. 2012. Penggunaaan Media Gambar Seri dalam peningkatan Keterampilan mengarang Vol.1 No.1. Universitas Negeri Surakarta Availableat.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Mohamad Yunus. 2010. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Uno,Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wittrock,Merlin C. 1992. Generative Learning Processes of the Brain.Educational Psychologist. 27 (4).531-541. University of California, Los Angeles.


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.