Kreativitas, Inovasi, dan Keberhasilan usaha: Studi kasus pada Usaha Kuliner Tradisional Jepa di Masa Pandemi Covid 19

Siti Maryam(1*), Agus Syam(2), Muhammad Hasan(3), Muhammad Dinar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i1.31493

Abstract


Abstract. This study aims to determine creativity, innovation, and business success: a case study on a traditional Japanese culinary business during the covid 19 pandemic. This study uses a descriptive qualitative method. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The informants were determined based on the criteria determined by the researcher, namely the Japanese seller in Pamboang, Majene. The results of this study indicate that the creativity and innovation of Japanese sellers are very helpful in achieving business success during the covid 19 pandemic. The potential of traditional Japanese culinary sellers in Paboang District, Majene in increasing business success is very demanding in creating creativity and innovation. This gives the ability of traditional Japanese culinary sellers in Paboang District, Majene to compete during the covid 19 pandemic. Creativity and innovation that is currently owned can continue to be developed so that business success continues to increase.

Keywords:Creativity, Innovation, Business Success


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Fandi. 2013.PengaruhKreativitasDanInovasiTerhadapKeberhasilanUsaha PadaUsahaPakaianTaukoMedan.Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan.

Azizah dan Ma’rifah 2017. Pengaruh Kreativitas dan Inovasi produk terhadap Keberhasilan Usaha (Survey pada Pengusaha Sentra Sangkar BurungSukahajiBandung).Universitas Komputer Indonesia.

Alkachvi, M D Dan Trustorini Handayani. 2018. Pengaruh Kreativitas dan Inovasi produk terhadap Keberhasilan Usaha (Survey pada Pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukahaji Bandung).Universitas Komputer Indonesia.

Alifuddin dkk.(2015).KewirausahaanTeoridanAplikasiStrategiMembangunKerjaan Bisnis. MAGNAScript Publishing: Jakarta.

Budi, Sultika Dan Yanki Hartijasti. 2017. EkonomiDanBisnis. Universitas Indonesia.

Dama dan Ogi 2018. Model Pengembangan Kreativitas Dan Inovasi Dalam Membentuk Entrepreneur Di Era Ekonomi Digital.Universitas Serang Raya, Serang.

Ernani Hadiyati. 2012. Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil.Fakultas Ekonomi, Universitas Gajayana Malang.

Endang S, Baedhowi, Sawiji H. 2014. Peran Kreativitas Dan Inovasi Pelaku Usaha DalamDiversifkasi Produk Kuliner Pada Kedai Steak& Chicken Di Kab. Magetan Tahun2014.Magister Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana UNS. Ernani Hadiyati. 2012. Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran KewirausahaanPadaUsahaKecil.Fakultas Ekonomi, Universitas Gajayana Malang.

Fatmawati, Nur Arisah, Andi Tenri Ampa, Muhammad Ihsan Said Ahmad, Muhammad Hasan | Perilaku Ekonomi Rumah Tangga Keluarga Pelaku Usaha Mikro,

Lamalewa 2018. Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Kewirausahaan Umkm Food Court Di Sentra Grosir Cikarang.Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa

Hamdan. 2019. Model Pengembangan Kreativitas Dan Inovasi Dalam Membentuk EntrepreneurDiEraEkonomiDigital.Universitas Serang Raya, Serang.

Handayani. T.& Yusuf Tanjung., 2017. Pengaruh Sikap Kewirausahaan Dan Proses InovasiTerhadapKeberhasilanUsahaPadaRumahBatikKomarDiKotaBandung. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen. Vol VII. No 1 Italiani.

Suryana. 2017. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju sukses. Bandung: Salemba Empat.

Subambang, Dan D Sriyanto. 2016. Dampak Kemampuan, Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Langkat.Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana.

Semiawan 2009. Pengaruh Kreativitas Produksi Terhadap Kesuksesan Usaha (Studi Ukm Kerupuk Di Desa Purwodadi). Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro

Sholeh dan Ahmadi 2017. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju sukses. Bandung: Salemba Empat.

Tanjung, Azrul. 2017. Koperasi Dan Umkm Sebagai Fondasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Wiranata Hilmi, 2020. Pengaruh Inovasi Dan Kreaivitas terhadap Keberhasilan Usaha Pada UMKM Kuliner Di kecamatanBatu Raja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Manajemen. Vol 7. No.4

Yuliana 2020. Pengaruh Kreativitas Produksi Terhadap Kesuksesan Usaha (Studi Ukm Kerupuk Di Desa Purwodadi). Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro.


Article Metrics

Abstract view : 1655 times | PDF view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.