Persepsi Warga Binaan Pemasyarakatan terhadap Kesantunan Berbahasa di Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa

Andi Erwin Chandra Hasbi(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v2i1.31403

Abstract


Abstrak. Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa menunjukkan ragam bahasa formal dan casual yang perlu diteliti lebih lanjut karena Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa adalah masyarakat penutur yang berasal dari berbagai macam latar belakang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara mendalam tentang kondisi yang sebenarnya penggunaan bahasa WBP. Data dalam penelitian ini adalah persepsi WBP terhadap kesantunan berbahasa yang dikumpul berdasarkan hasil survey questioner di lapangan dari 72 responden dari WBP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa persepsi WBP di Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa terhadap penggunanan bahasa santun yang cukup tinggi yaitu sekita 85% dari jumlah WBP  namun dalam penggunaannya juga sering digunakan bahasa kasar sebesar 82% dari seluruh WBP dil Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa.

Kata Kunci : Persepsi, warga binaan, bahasa, kesantunan.


Full Text:

PDF

References


Bahri, S. (2018). Fenomena Kedwibahasaan di Sekolah Dasar; Sebuah Kondisi dan Bentuk Kesantunan Berbahasa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 62-72.

Dwidja Priyatno. (2004). Kebijakan Legislasi Tentang Sistem Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Di Indonesia, Bandung : CV.Utomo.

Hasbi, A. E. C., Yassi, A. H., & Gusnawaty, G. (2018). Persepsi Warga Binaan Pemasyarakatan Terhadap Kesantunan Berbahasa Di Lapas Perempuan Kelas Iia Sungguminasa. Neologia: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 148-152.

Mantasiah R, M. R., & Anwar, M. (2021). Developing a Politeness-based Module of Positive Communication Training for Teachers A Preliminary Study

Rivai, M., Yusri, Y., Rivai, A. T. O., & Anwar, M. (2021). Teachers’ language politeness, students’ academic motivation and self-efficacy during school from home. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2161-2172

Sudarsono. (1992). Kamus Hukum, Jakarta: Rineka Cipta.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Hasmawati, H. (2020). Politeness Grammatical Expression in Buginese Language. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.