Implikatur Percakapan dalam Drama Serial Extra Deutsch

Nurul Hidayah(1*), Misnah Mannahali(2), Mantasiah R.(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v1i2.26025

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis implikatur percakapan dalam drama Extra Deutsch. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.  Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis model interaksi oleh Miles dan Huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa jenis-jenis implikatur percakapan yang terdapat dalam drama Extra Deutsch yaitu implikatur percakapan umum atau implikatur percakapan yang maknanya diinterpretasi tanpa konteks khusus sebanyak 10 data, implikatur percakapan berskala atau implikatur percakapan yang didasarkan pada istilah-istilah kuantitas sebanyak 13 data dan implikatur percakapan khusus atau implikatur percakapan yang maknanya diinterpretasikan berdasarkan konteks sebanyak 25 data. Data dipaparkan secara deskriptif, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami maksud implikatur.

 

Kata Kunci: Implikatur percakapan umum, Implikatur percakapan berskala, Implikatur percakapan khusus, Drama Extra Deutsch.


Full Text:

PDF

References


Cristina, V. (2021). Conversational Implicature Analysis In Tv Show" FRIENDS": Pragmatic Approach (Doctoral dissertation, Prodi Sastra Inggris).

Dipper. S., Klabunde. R., & Mihatsch. W. (2018). Linguistik: eine Einführung (Nicht nur) für Germanisten, Romanisten und Anglisten. Springer-Verlag.

Djatmika. (2016). Mengenal Pragmatik Yuk!?. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Grice, P. (1989). Studies in the Way of Words. Harvard University Press.

Hidayati, H., Sinaga, M., & Syafrial, S. (2020). Implikatur dalam Novel Cahaya di Atas Cahaya Karya Oki Setiana Dewi. JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 2(2), 157-166.

Konasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta : Nobel Edumedia.

Sari, D. P., & Effendi, M. S. (2020). Implikatur Percakapan dalam Film Sweet 20 Karya Ody C. Harahap. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 12-20.

Yule, George. 2018. Pragmatics. England: Oxford University Press (Terjemahan dalam Bahasa Indonesia oleh Indah Fajar Wahyuni). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianti, Y., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Implikatur Percakapan dalam Tuturan Film Laskar Pelangi. MATAPENA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 1-14.

Zahid, L. A., & Rohi, S. (2018) Effectiveness of Drama in Teaching and Learning English as a Foreign Language. International Journal of Science and Research (IJSR), 1380-1386.


Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.