Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Deskripsi Siswa

Abdul Halik(1*), Nurul Ilmi(2), Nurilyudha Ridwan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v1i2.25141

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model round table dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN 014 Petoosang Polewali Mandar dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa di kelas V SDN 014 Petoosang Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah fokus proses dan hasil keterampilan menulis deskripsi siswa dengan menerapkan model round table. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas V dan 15 jumlah siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada kualifikasi Cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi Kurang (K). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi Baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi Baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model round table dapat meningkatkan proses dan ketarmpilan hasil belajar menulis deskripsi siswa di kelas V SDN 014 Petoosang Polewali Mandar. 

 

Kata Kunci: Model Round Table, Menulis Deskripsi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Annisa, nurul, harni. (2020). Model Kooperatif Tipe Round Table pada Kemampuan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang.

Dewi, Y.M.K.N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Teknik Roundtable Pada Siswa. Program Pendidikan Profesi Guru, Singoraja, Indonesia.

Halik, A., Nur, I., & Ariati, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Whrite Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 22 Pinrang. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Huda. P.T. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMA. SMA Negeri 7 Cirebon.

Manab, A. (2014). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Depok sleman yogyakarta:Kalimedia.

Meimudayanti. L.& Asri. R. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar. Surabaya

Nugrahani. F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Siddik, .(2018). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi.Tunggal Mandiri Publishing.

Susilowati. D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. SMK Negeri 2 Sukohardjo, Jawa Tengah.

Winarno. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Penerbit Universitas Negeri Malang.


Article Metrics

Abstract view : 569 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.