Potret Pembelajaran Daring di UPT SD Negeri 5 Tanrutedong Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang

Muhammad Asrul Sultan(1*), Salzabila Putri Sunandar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/.v1i2.25140

Abstract


Abstrak. Pandemi Covid-19 membawa dampak yang cukup besar dalam berbagai bidang salah satunya di bidang pendidikan. Adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia dengan menerapkan pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripkan segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam melaksanakan pembelajaran daring. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi metode sebagai pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring yang dilakukan guru di UPT SD Negeri 5 Tanrutedong Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu guru memilih whatsapp sebagai aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan peserta didik. Selanjutnya guru tetap membuat perencanaan dengan membuat RPP, merancang strategi pembelajaran serta selalu melakukan komunikasi dengan kepala sekolah dan orang tua peserta didik untuk kelancaran proses pembelajaran daring. Sarana dan prasarana penunjang pembelajaran juga sudah mendukung pelaksanaan pembelajaran daring selain itu guru juga menggunakan desain pembelajaran dengan memanfaatkan media berupa video pembelajaran yang dikirim melalui grup whatsapp masing-masing kelas serta metode penugasan dalam pembelajaran. Pengawasan juga dilakukan guru dengan memantau peserta didik melalui grup Whatsapp serta melakukan evaluasi untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Manajemen Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Gusty, dkk. (2020). Belajar dan Mandiri: Pembelajaran daring di Tengah Pandemi. Yayasan Kita Menulis.

Lismayana, lilis. (2019). Berpikir Kritis &PBL.Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Maryam. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Simetri dan Lipat Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 83 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol.11(3).199-208.

Menteri Pendidikan, (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 TentangPelaksanaan kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid.

Nugrahani farida. 2014.Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia.

Putria Hilna, Maula, L.H & Uswatun, D.A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol.4 (4). 861-872

Saifulloh, M.A & Mohammad Darwis. (2020). Manajemen Pembelajaraan dalam Meningkatkan Efeltivitas Proses Belajar Mengajar Pandemi COVID-19. Bidayutana. Vol 03(02).

Suhery, Trimasi Jaya Putra, & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi penggunaan zoom meeting dan google classroom pada guru di SDN 17 Mata air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 3 (3). 130..

Siyoto Sandu & M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi.Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Yuliani Meda, dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan:Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.