Praktik Baik Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah Menengah dalam Implementasi Rapor Pendidikan di Kabupaten Majene

Irmawati Irmawati(1*), Sitti Habibah(2), Rika Kurnia R.(3), Herlina Herlina(4), Nasrah Natsir(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i1.63279

Abstract


Abstrak. PKM Praktik Baik Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah dalam Implementasi Rapor  Pendidikan di Kabupaten Majene, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra tentang penggunaan dan pengelolaan Sistem penjaminan Mutu Internal. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah masih minimnya pengetahuan mitra terhadap Sistem penjaminan Mutu Internal dan Implementasi Rapor  Pendidikan,. Solusi yang ditawarkan yakni diharapkan Internal Sekolah (peserta pelatihan) memiliki pemahaman dan mampu mengelola mutu internal sekolah dalam rangka implementasi rapor pendidikan hingga persiapan akreditasi sekolah. Metode yang dilakukan adalah tahap persiapan terdiri koordinasi dengan mitra, mengidentifikasi jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan, persiapan materi untuk kegiatan pelatihan dan pendampingan, Koordinasi dengan Mitra terkait jadwal pelaksanaan pelatihan, persiapan pelaksanaan workshop seperti materi pelatihan, bahan presentasi, daftar hadir, lembar kerja, dan dokumentasi. Tahap pelaksanaan terdiri: Pelaksanaan program dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan praktik. Tahap Evaluasi: Pemberian tugas untuk mengelola Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah dengan tepat dan sesuai dengan indikator penilaian. Target yang di harapkan peserta mampu mengelola sistem penjaminan mutu internal sekolah dan dapat memanfaatkan penggunaanya dalam implementasi Rapor Pendidikan.

 

Kata Kunci: Mutu, Rapor, Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Harvey, L. & Newton, J. (2004). Transforming Quality Evaluation. Quality in Higher Education, 10(2), 149-165. https://doi.org/10.1080/1353832042000230635

Kemdikbudristek. (2022). Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia untuk Satuan Pendidikan. Diakses dari https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/200_1648811699.pdf

LPMP DKI (1 FEBRUARI 2017). "Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah". LPMP DKI JAKARTA. Diakses tanggal 27 Februari 2023

Makarim, I. (2022) Merdeka belajar episode 19: Rapor pendidikan Indonesia Link: https://youtu.be/NbD96YWKh84

(Diakses tanggal: 6 Oktober 2023)

Purwanto, N.A. (2020). Administrasi pendidikan (teori dan praktik di lembaga pendidikan). Yogyakarta: Intishar Publishing.

Saab, N., van Joolingen, W., & van Hout-Wolters, B. (2012). Support of the collaborative inquiry learning process: Influence of support on task and team regulation. Metacognition and Learning, 7(1), 7–23. https://doi.org/10.1007/s11409-011-9068-6

Wahyuni, R. R. W., & Murtadlo, M. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemenpendidikan/article/view/29153/26696


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.