PKM Pelatihan Disiplin Positif Terhadap Peningkatan Kesehatan Mental Bagi Guru Di SMK Kab Pangkep

Farida Aryani(1*), Citra Rosalyn Anwar(2), Muhammad Rais(3), Sinta Nurul Oktaviana Kasim(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i1.62909

Abstract


Abstrak. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk melatih disiplin positif guru di satuan Pendidikan sebagai upaya mengoptimalkan Kesehatan mental peserta didik dan guru secara lebih sistematis dan variatif dalam proses belajar mengajar di sekolah. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni: 1) Persiapan; 2) Sosialisasi pelatihan; 3) Pelaksanaan program pelatihan; 4) Evaluasi dan laporan hasil pengabdian. Sebanyak 21 Guru Bimbingan dan Konseling turut ikut serta dalam pelatihan disiplin positif. Kegiatan PKM Disiplin Positif dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangkajene, Sulawesi Selatan pada Jumat 17 Juli 2024. Pelatihan yang dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi yang dilakukan tentunya dapat menghasilkan luaran berupa peluang bagi guru BK di sekolah untuk terlibat berperan aktif dalam rangka implementasi budaya positif bahkan menjadi pelopor dalam menyusun panduan teknis implementasi disiplin positif di sekolah bahkan sebagai pegangan dalam kehidupan sosial atau bermasyarakat. Rekomendasi yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini adalah perlu adanya pelatihan disiplin positif yang terintegrasi konteks kurikulum merdeka dan profil pemuda pancasila sehingga guru Bimbingan dan Konseling dapat mengimplementasikan program yang sesuai kurikulum di sekolah.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Disiplin Positif , Kesehatan Mental, Guru

Full Text:

PDF

References


Asbari, M., Novitasari, D., Wardoyo, S., & Lafendry, F. (2024). Membangun Lingkungan Belajar Positif: Seminar Implementasi Disiplin Positif di Sekolah Menengah Atas. Niswantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 8–14.

Barakat, I. S., & Clark, J. (1998). Positive discipline and child guidance. University of Missouri Extension Publication# GH.

Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish.

Febriandari, E. I. (2018). Penerapan metode disiplin positif sebagai bentuk pembinaan pendidikan karakter disiplin anak. Karya Ilmiah Dosen, 1(1).

Hadidah, I. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Guru terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 121–127.

Krisdianti, B., & Yoedo, Y. C. (2021). Penerapan Disiplin Positif Oleh Guru Dengan Integrasi Iman Kristen Pada Kelas IA dI Sekolah Dasar X Surabaya. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 1–23.

Nelson, J. (2017). Positive Discipline: Creating Respectful relationship at Home and School.

Setyawan, B. (2022). Peran Guru Bk Dalam Mengimplementasikan Disiplin Positif. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 400–404.

Souisa, J. H., Purwaningratri, M. A., Subagyo, S., Utami, S., & Alhuda, B. (2022). Disiplin positif untuk Merdeka Belajar: strategi penerapan pada jenjang SMA. Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2022). Peran Perilaku Guru dalam Menciptakan Disiplin Siswa. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(4), 1–7.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.