Pelatihan Pembuatan Kursi Sofa dari Bahan Botol Plastik Bekas untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Pemuda Lingkungan Palemba Kelurahan Pattalassang Kabupaten Takalar

Erna Cahyani(1*), Andi Ibahim Yunus(2), Andi Nur Insan(3), Faizah Mastutie(4), Bahar Bahar(5), Andi Sompa(6),

(1) Universitas Fajar
(2) Universitas Fajar
(3) Universitas Fajar
(4) Universitas Fajar
(5) Universitas Fajar
(6) UPT SPF SMP Negri 21 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i2.58755

Abstract


Abstrak. Pemberdayaan ekonomi keluarga merupakan salah satu upaya pemerintah yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan hidup masyarakat. Salah satu solusi penting dalam pelaksanaan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) adalah pelatihan untuk menambah skill bagi para pemuda Lingkungan Palemba yang kehilangan pekerjaan ataupun yang sementara dalam masa mecari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahliannya. Pembuatan  kursi sofa  dengan  memanfaatkan botol  plastik  bekas  dalam  pengerjaannya. Dalam proses pengerjaan hanya dibutuhkan skill, kreatifitas, dan juga keterampilan yang dikuasai para pemuda Lingkungan Palemba agar dapat menjadi bekal bagi mereka. Tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibagi menjadi tiga tahapan: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, terdiri dari: sosialisasi program, penyampaian materi, dan pelatihan, serta tahap evaluasi. Karajinan tangan dengan memanfaatkan bahan botol plastik bekas kemasan minuman mineral. Hasil dari bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan kepada Masyarakat Kelurahan Pattalassang, berupa kegiatan pelatihan pemanfaatan barang bekas menjadi kerajinan tangan yang berbahan dasar dari plastik untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Luaran yang diharapkan dengan adanya produk pemanfaatan bahan bekas yang berupa kerajinan tangan kursi sofa yaitu produk yang dihasilkan akan menjadi produk yang unggul dan berinovasi bisnis baru di bidang industri rumah tangga sehingga dapat dikenal oleh seluruh masyarakat.

Kata Kunci: Kursi Sofa,  Botol Plastik Bekas, Pemuda, Lingkungan Palemba


Full Text:

PDF

References


Cahyani, E. dkk. 2023. Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomi pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat Kelurahan Tanah Beru Kabupaten Bulukumba. Jurnal Dedikasi, Vol. 25, No. 1. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Gery, M. I. dkk. 2020. Pemanfaatan Plastik Daur Ulang untuk Pembuatan Kursi dan Meja Ecobrick. Jurnal UMJ. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Ibrahim Yunus, A. dkk. 2022b. Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik. Konsep Pengelolaan Sampah. Cetakan Pertama. Desember 2022. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Ibrahim Yunus, A. dkk. 2022a. Pemanfaatan Bambu Sebagai Bahan Kreasi Yang Mempunyai Nilai Ekonomis Dalam Meningkatkan Dan Mendorong Industri Kerajinan Rumah Tangga. Jurnal Pengamas, Vol.5, No.3. Ternate:Universitas Khairun.

Ibrahim Yunus, A. dkk. 2023. Manajemen Digital Bisnis. Digital Entrepreneurship. Cetakan Pertama. Januari 2023. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Kadir, L. 2020. Pemanfaatan Sampah Plastik Pantai Pelabuhan Menjadi Sofa Keluarga di Desa Telaga Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. JPKM Vol. 1 No 1. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Loe, A. P. dkk. 2022. Pelatihan Pembuatan Sofa dari Botol Plastik Bekas untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kelurahan TDM RT 030/ RW 008 dalam Masa Pandemi Covid-19. Kelimutu Journal of Community Service (KJCS). Vol. 2, No. 2 November 2022, Hal. 19-27. Kupang: Universitas Nusa Cendana.

Memet Hakim. 2006. Mencari Solusi Penanganan Masalah Sampah Kota. Bandung: Universitas Padjajaran.

Purwandito, Meilandy dkk., 2020. Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Produk Bernilai Ekonomis Pada Desa Keumuning Peut. Global Science Society: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. GSS, Vol.2, No.2. Aceh: Universitas Samudra.

Slamet Ryadi, A. L. (2016). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Andi

Susanti BR Perangin-Angin, dkk. 2022. Sosialisasi Pemanfaatan Botol Plastik Bekas Menjadi Kursi, Meja dan Tempat Tidur Sebagai Upaya Mengurangi Limbah Plastik dan Menciptakan Produk Lokal Berdaya Saing Global. Buletin Al-Ribaath. Pontianak: Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Tobing, I.S.L. 2005. Dampak Sampah Terhadap Kesehatan Lingkungan dan Manusia. Jakarta: Universitas Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.