Pengembangan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Mendukung Kurikulum Merdeka untuk Guru SMPN di Kabupaten Jeneponto

Arnidah Arnidah(1*), Citra Rosalyn Anwar(2),

(1) Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v3i2.56996

Abstract


Abstrak Merdeka belajar merupakan konsep belajar yang dilakukan sendiri oleh peserta didik. Guru sebagai pendidik memiliki keleluasaan untuk memodifikasi modul ajar yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Melalui modul proyek penguatan profil pancasila, guru dalam mempedomani materi ajar yang menjadi acuan yang harus disampaikan dalam pembelajaran agar tujuan dapat tercapai dengan tepat. Siswa juga dalam belajar secara mandiri serta dapat lebih fokus terkait materi dan capaian pembelajaran yang diharapkan dalam satu pokok pembahasan tertentu. Tujuan bimbingan teknis pengembangan modul proyek penguatan profil pancasila untuk guru SMPN di kabupaten jeneponto ini adalah: 1) Memberi pemahaman ke pada guru bagaimana pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 2) Membimbing Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui: penyiapan ekosistem sekolah, mendesain projek penguatan profil pelajar Pancasila, mengelola projek penguatan profil pelajar Pancasila, mengolah asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan mendesain evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila.Pelaksanaan PKM ini dilaksanakan di Ruang Aula Siswa Kantor Dinas Pendidikan dan Kebuadayan jeneponto. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan pengembangan modul proyek penguatan profil pancasila.

Kata kunci: Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Guru


Full Text:

PDF

References


Jenkins, G. (2020). Teacher agency: the effects of active and passive responses to curriculum change. Australian Educational Researcher, 47(1). https://doi.org/10.1007/s13384-01900334-2

Kandiko Howson, C., & Kingsbury, M. (2021). Curriculum change as transformational learning. Teaching in Higher Education.

Kemendikbud. (2020). Pendidikan Karakter Wujudkan Pelajar Pancasila. Diakses melalui: https://M.Antaranews.Com/Berita/1824776/Mendikbud-PendidikanKarakterWujudkan-Pelajar-Pancasila.

Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G. H. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163. Atlantis Press


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.